Masuk ke STAN yang merupakan perguruan tinggi kedinasan memang menjadi impian banyak orang. Prospek kerja yang bagus dan terjamin menjadi alasan tingginya minat masyarakat untuk memasukinya. Berbagai upaya pun dilakukan agar bisa meraih keinginan tersebut, salah satunya mungkin dengan kursus STAN.

Tips Masuk STAN

STAN biasanya hanya menyediakan kurang lebih 3000 kursi tiap tahunnya. Dengan peluang yang cukup kecil tersebut dan pesaing yang jauh lebih banyak tentu Anda harus melakukan strategi untuk bisa menjadi pemenang. Nah berikut ini beberapa tips agar Anda bisa masuk STAN dan menyingkirkan pesaing lainnya.

  • Persiapkan Mental

Yang pertama dan utama harus Anda persiapkan adalah mental serta fisik. Bekal kegigihan dan kemampuan yang mumpuni juga tak boleh dilupakan sebagai syarat mutlak masuk STAN. Saat ujian masuk, Anda akan menjumpai 3 tahap ujian yaitu ujian tertulis yang dilanjutkan dengan tes kesehatan fisik dan wawancara serta yang terakhir tes kemampuan dasar. Meski memiliki bobot yang sama, di antara ketiga tes tersebut yang berpotensi menyingkirkan banyak pesertanya adalah saat ujian tertulis. Maka dari itu Anda perlu memberi perhatian dan usaha ekstra untuk ujian tersebut.

  • Pertimbangkan Jurusan Yang Diambil

Pilihlah jurusan yang kiranya Anda kuasai sehingga potensi diterima semakin besar. Jika melihat peluang, maka akan lebih mudah untuk masuk jurusan yang peminatnya tidak terlalu banyak. Saat kursus STAN biasanya Anda bisa melihat bagaimana minat banyak orang terhadap suatu jurusan.

  • Pilih D1 atau D3

Selain jurusan, Anda juga perlu mempertimbangkan akan masuk D1 atau D3. Untuk memilihnya Anda perlu mempertimbangkan dan menyesuaikan kebutuhan serta tujuan Anda nantinya setelah lulus.

  • Persiapkan Segala Sesuatu Dengan Matang

Segala sesuatu membutuhkan persiapan, tak terkecuali untuk masuk ke STAN. Persiapan mental, fisik dan otak harus benar-benar dimatangkan agar saat ujian masuk Anda bisa lolos dengan mudah.

  • Perbanyak Referensi Latihan Soal

Agar lolos saat ujian masuk, tentu Anda harus rajin berlatih mengerjakan soal. Anda juga bisa mengikuti berbagai event try out USM STAN atau ujian saringan masuk STAN untuk mengukur sejauh mana kemampuan yang dimiliki.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin bisa memasuki perguruan tinggi kedinasan STAN. Jika Anda tengah mencari jasa bimbingan belajar untuk persiapan ujian masuk STAN, Anda bisa berkunjung ke laman Bimbelpknstan.com dan bergabung bersamanya.

Related posts: