Ketika kita berbicara mengenai dunia otomotif, tentu saja bahasan mobil kelas City Car atau mobil kota tak boleh sampai terlewatkan. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir ini, pasar mobil kecil di Indonesia secara umum terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pasar City Car Indonesia memang tengah ramai digandrungi oleh pecinta otomotif tanah air sebab berbagai produsen saling berlomba untuk menciptakan produk mobil kota atau City Car yang ‘ramah’ bagi pengguna. Ramah di sini, tentu saja dilihat dari berbagai aspek, seperti kapasitas dan performa mesin, kenyamanan dan kemudahan pengoperasian, hingga dari sisi harga jual.

Sebuah Mobil Kota yang Ideal Bagi Masyarakat Indonesia

Untuk mengatakan bahwa sebuah mobil itu ideal bagi masyarakat tentulah sangat relatif. Kita tidak bisa menyamaratakan satu mobil dengan yang lainnya. Namun, yang jelas, tentu ada suatu kriteria standar yang harus dimiliki oleh sebuah mobil kota atau City Car agar dapat dengan mudah diterima oleh konsumen secara keseluruhan.

Dari segi fungsional, memang mobil kota atau City Car Indonesia ditargetkan untuk pasar perkotaan. Ini bisa didukung oleh kapasitas dan performa mesin yang gesit dan efisien. City Car yang mumpuni untuk mengarungi padatnya lalu lintas perkotaan memiliki kapasitas mesin sedang sekitar 1000 cc. dapat pula didukung dengan system 12 valve agar konsumsi bahan bakar semakin efisien.

Di samping itu pula, sebuah City Car harus bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat perkotaan. Untuk memenuhi kriteria itu, maka produsen harus mampu menawarkan harga yang bersaing. Patokan harga untuk mobil sekelas City Car atau mobil kota di pasaran Indonesia yaitu sekitar 150 hingga 200 jutaan rupiah.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu produsen otomotif mampu menawarkan harga yang jauh di bawah itu namun tetap memberikan kualitas serta fitur-fitur terbaiknya. Tentu saja itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk memilih City Car atau mobil kota seperti itu jika tersedia. Dan satu hal lagi, City Car Indonesia akan terus mengalami perkembangan sehingga persaingan akan semakin ketat. Meninjau ulang harga jual sebagai salah satu metode untuk menarik minat konsumen bisa menjadi hal yang mutlak.

Related posts: