Ujian Nasional (UN) sering dianggap sebagai hal yang menyeramkan oleh sebagian besar siswa-siswi. Terlebih lagi sistem UN untuk tingkat SLTP dan SLTA tahun ini yang menggunakan sistem komputer, semakin membuat siswa ketakutan dalam mengerjakan Ujian Nasional. Sehingga, banyak siswa yang sakit akibat stress menghadapi UN. Selain guru, orang tua juga sangat berperan dalam keberhasilan anak untuk menghadapi UN. Salah satunya adalah membantu anak untuk menjaga kesehatan agar anak menjalani UN dalam keadaan fit.

Pentingnya Menjadi Sehat Bagi Anak Terutama Dalam Ujian Nasional

Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anak sebelum menghadapi UN adalah sebagai berikut:

  • Pastikan anak selalu makan teratur

Untuk menghadapi UN, sekolah biasanya mengadakan kelas tambahan bagi siswanya sampai sore. Sehingga, makan siang anak tidak dapat dijamin. Ada yang memilih untuk jajan bahkan ada yang memilih tidak makan siang. Orang tua berkewajiban untuk menjamin konsumsi anaknya. Hal yang dapat dilakukan adalah memberikan bekal makan siang untuk anak. Di sekolah, anak terus menerus belajar dan membutuhkan konsentrasi. Apabila perut dalam keadaan kosong, dapat meningkatkan asam lambung yang akhirnya dapat menyebabkan penyakit maag.

  • Berikan istirahat yang cukup

Jadwal anak yang sangat padat membuat mereka hanya memiliki sedikit waktu istirahat. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan tidak memaksa anak untuk les privat di hari minggu, mengingat anak selalu pulang sore setiap harinya. Berikan waktu istirahat dan bermain di rumah untuk menenangkan pikiran dan membuat pikiran tidak tegang selalu memikirkan UN.

  • Berikan hiburan

Jangan menganggap bahwa hiburan diberikan setelah anak selesai menghadapi UN dengan alasan agar lebih lega. Justru, memberikan hiburan bagi anak sebelum menghadapi UN, akan membuat pikiran mereka lebih terhibur. Tidak perlu memberikan hiburan yang mewah, cukup ajak anak jalan-jalan ke mall atau makan malam bersama keluarga di luar.

  • Berikan vitamin

Memberikan vitamin bagi anak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi, anak yang biasanya pulang hingga sore dalam keadaan hujan-hujanan dapat memperbesar peluang terserang banyak penyakit.

Related posts: