Stroke jenis ringan merupakan sebuah penyakit di mana peredaran darah menuju otak terputus, sehingga saraf di otak tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini menyebabkan sel-sel darah yang ada di otak akan mati, karena otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal-hal tersebut yang dapat mengakibatkan kelumpuhan sementara di beberapa bagian tubuh. Penyumbatan pembuluh darah diotaklah yang menyebabkan terjadinya stroke ringan. Biasanya stroke ini mudah terjadi pada mereka yang mengalami penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dll.

Penyebab Terjadinya Stroke Ringan

Penyebab seseorang mengalami stroke jenis ringan adalah berhentinya fungsi otak karena penyumbatan aliran darah. Fungsi otak ini sebagian berfungsi sebagai pusat kontrol gerakan tubuh kita, jika otak tidak berfungsi dengan baik bisa mengakibatkan kerusakan pada saraf otak yang bisa mengakibatkan kelumpuhan. Berikut adalah penyebab-penyebab terjadinya stroke ringan:

  1. Faktor riwayat medis

Riwayat penyakit yang ada di diri kita bisa jadi memicu stroke jenis ringan. Misalnya, penyakit hipertensi atau biasa disebut dengan darah tinggi, jika tidak diobati secara teratur bisa menyebabkan stroke jenis ringan karena peredaran darah di dalam diri kita tidak lancar dan bisa saja menyerang ke otak.

  1. Obesitas

Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Obesitas bisa mengakibatkan stroke jenis ringan karena obesitas dapat mengganggu kinerja pembuluh darah menjadi lebih lambat, sehingga lama kelamaan dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah pada otak.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup merupakan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Gaya hidup seperti begadang, merokok, makan makanan cepat saji, dll. Hal ini bisa menyebabkan peredaran darah yang ada di tubuh kita menjadi tidak stabil yang bisa berakibat fatal.

  1. Faktor usia

Usia manusia yang sudah mencapai usia senja yaitu sekitar umur 60 tahun ke atas berisiko terkena stroke. Karena pada usia ini seseorang rentan terkena penyakit, dan juga aliran pembuluh darah menjadi tidak stabil sehingga mengakibatkan kerusakan pada jaringan otak.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab tersebut, Anda harus lebih bisa menjaga diri agar tidak terkena stroke ringan maupun stroke yang lainnya dikemudian hari.

Related posts: