Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, karena dengan tubuh yang sehat segala jenis aktivitas bisa dijalankan dengan baik. Namun pada kenyataannya banyak sekali orang yang menderita penyakit, baik penyakit yang ringan hingga yang parah. Salah satu penyakit yang parah adalah kanker yang kini cukup banyak diderita oleh orang-orang. Penyakit ini tentu saja tidak terjadi begitu saja, melainkan ada penyebabnya.

Inilah Penyebab Mutasi Sel Kanker!

Perlu diketahui bahwa penyebab utama dari penyakit kanker ini adalah karena mutasi DNA yang terjadi pada sel. Hal ini menyebabkan sel menjadi memecah diri dengan cepat melebihi kecepatan normal. Sel-sel baru pun mengalami penumpukan dan tubuh sebenarnya tidaklah membutuhkan ini. Sel ini bisa tumbuh dewasa dan kemudian mengalami pembelahan kembali, begitu pun seterusnya. Dengan demikian maka sel akan menjadi semakin banyak berkali-kali lipat.

Mutasi juga bisa terjadi di gen yang mana fungsinya adalah memperbaiki kerusakan yang terjadi di DNA. Fungsi gen ini yakni untuk bisa mengetahui apa saja kelainan yang ada di DNA sel, lalu diperbaiki. Jika gen bermutasi, maka gen tidak bisa memperbaiki kerusakan atau kelainan di dalam sel, sehingga sel-sel yang ada menjadi ganas. Pada dasarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan mutasi sel normal terjadi. Dan ini bisa saja terjadi dari dalam maupun dari luar sel.

Gen dari orang tua merupakan faktor internal dari mutasi yang mana asalnya dari dalam sel. Sedangkan faktor eksternal adalah disebabkan karena zat-zat yang bisa menyebabkan mutasi. Misalnya adalah virus, rokok, hormon, bahan kimia karsinogenik, dan rokok. Faktor lainnya adalah seperti inflamasi kronis, obesitas, dan aktivitas fisik yang sangat kurang. Dari kedua faktor ini, faktor eksternal lebih mempengaruhi mutasi yang terjadi pada sel.

Penyebab dari kanker ini sebaiknya perlu diketahui, bahkan sangat dianjurkan. Karena penyakit ini sudah banyak memakan korban, maka tidaklah heran apabila banyak orang yang mengasuransikan diri mereka. Dengan demikian maka akan lebih terjamin. Meskipun tidak serta merta hal ini bisa aman, karena segala sesuatu harus dilakukan dengan baik, seperti halnya menjaga pola hidup sehat. Anda bisa cek di www.sadarasuransi.id untuk informasi lebih lengkap.

Related posts: