Jika Anda memiliki paket data seluler terbatas, Anda mungkin terkejut saat membuka tagihan Anda yang banyak hanya untuk membeli pulsa saja. Apakah ada biaya kelebihan penggunaan? Berapa banyak? Dan mengapa ada begitu banyak data yang digunakan? Jangan menyerah, dengan tips internet yang tepat dan juga perubahan kebiasaan, Anda dapat menekan biaya untuk paket internet.

Tips Internet Ampuh untuk Menghemat Paket Data

Berikut ini beberapa tips internet yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya internetan Anda. Dengan menggunakan tips berikut ini, maka Anda juga bisa menghemat pengeluaran.

  1. Gunakan Monitor Data

Android menambahkan monitor data internal untuk versi Android 4.0.Fitur ini dapat diakses melalui Pengaturan -> Penggunaan Data dan akan menunjukkan kepada Anda bagaimana data telah digunakan per-aplikasi dan secara keseluruhan. Mengetuk aplikasi di menu ini akan membuka pengaturan penggunaan datanya jika tersedia. IOS Apple memberikan perincian yang kurang terperinci di bawah Pengaturan -> Umum -> Penggunaan -> Penggunaan Seluler. Anda dapat melihat berapa banyak data yang telah dikirim dan diterima secara keseluruhan. Setelah Anda memiliki monitor data, Anda akan dapat melihat aplikasi apa saja yang merupakan data babi. Setelah monitor data diketahui, aplikasi tersebut dapat membatasi akses datanya atau tidak dapat diinstal sepenuhnya. Anda juga dapat mengawasi diri Anda sendiri dalam menggunakan internet

  1. Matikan push notification

Push notification adalah data apa pun yang secara otomatis “didorong” ke ponsel Anda tanpa interaksi pengguna. Meskipun ini bukanlah salah satu hal fatal yang bisa membuat kuota internet Anda boros, namun cara ini bisa menghemat kuota internet Anda. Sejumlah besar email atau penggunaan jaringan sosial secara terus-menerus dapat secara perlahan menggunakan data lebih boros lagi. Pengguna Android dengan perangkat 4.0 bisa menonaktifkan push notification per aplikasi melalui menu Penggunaan Data yang telah kami sebutkan. Cukup ketuk aplikasi di menu itu, lalu ketuk tombol Lihat Pengaturan Aplikasi.

Dengan kedua tips internet inilah, maka Anda bisa mengurangi pemakaian data internet. Anda tidak akan menemukan fakta bahwa Anda mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli pulsa.

Related posts: