Rokok masih menjadi salah satu penyebab penyakit berbahaya dan juga jumlah kematian terbanyak di dunia. Produk yang dilegalkan ini sudah membuat setidaknya 46 orang meninggal setiap jamnya. Selain itu, terdapat 30 jenis penyakit yang diakibatkan karena aktivitas merokok. Penyakit tersebut timbul tergantung akan kadar zat berbahaya yang dimiliki, cara menghisap dan kurung waktu penggunaannya. Jika seseorang mulai merokok ketika masih sangat muda, maka resikonya akan semakin besar.

Kenapa Rokok Bisa Berbahaya?

Dalam sebatang rokok terdapat kandungan kimia sebesar 7.000 jenis, diantaranya 200 jenis bersifat karsinogenik yang dapat merusak gen tubuh bagian dalam yang memicu terjadinya kanker paru, emfisema, hingga bronkitis kronik. Bisa juga mengakibatkan kanker nasofarings, esofagus, mulut, pankreas, kandung kemih, ginjal, dan rahim. Rokok juga dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah atau aterosklerosis yang bisa mengakibatkan sakit jantung, stroke, hipertensi, menopause, osteoporosis, mandul, dan impotensi.

Racun paling banyak dari rokok terdapat di bagian asap yang mengepul dari ujung yang tidak dihisap. Asap hasil pembakaran tembakau tersebut mengandung zat-zat berbahaya semacam benzen, nitrosamin, nikotin, aromatik, senyawa amin, naftalen, oksidan, ammonia, sianida, karbon monoksida benzapirin, dan sebagainya. Zat dalam asap rokok tersebut bisa melekat pada benda dan bisa bertahan lebih dari 3 tahun lamanya dan masih berbahaya.

Resiko Perokok Pasif

Siapa sangka bahwa ternyata perokok pasif jauh lebih beresiko ketimbang mereka yang aktif. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, asap yang keluar dari ujung rokok jauh lebih berbahaya, dan mereka yang menghirupnya bisa terkena imbas yang jauh lebih berbahaya ketimbang perokok aktif. Sudah banyak studi yang menyebutkan penyakit berbahaya yang dapat diakibatkan karena menghirup asap rokok. Perokok aktif juga bisa lebih beresiko karena menghisap asap rokok yang dikeluarkannya sendiri.

Tips Berhenti Merokok

  1. Bersungguh-sungguh untuk jauh dari rokok
  2. Mintalah dukungan dari orang-orang di sekitar
  3. Jauhi lingkungan para perokok
  4. Mencari aktivitas lain yang bermanfaat
  5. Mengganti rokok dengan permen

Jangan sampai masa depan Anda hilang karena rokok. Hindari rokok sekarang juga agar hidup Anda dan orang sekitar Anda menjadi lebih sehat.

Related posts: