Pernah lihat logo pu (dinas pekerjaan umum)? Bagus bukan? Logo tersebut terbuat dari aplikasi atau software desain grafis yang  berbasis vector. Software desain grafis yang berbasis vector memang biasa digunakan untuk membuat, mengolah dan mengedit gambar yang non realistis seperti banner, spanduk, logo, ikon dan gambar non realistis lainnya. Berbeda dengan satu basis lainnya yaitu bitmap yang dimana lebih diperuntukkan untuk mengolah dan mengedit suatu foto yang bersifat realistis.

Keuntungan Memakai Vektor

Lantas apa yang membuat vector lebih sering dipakai dibandingkan dengan bitmap dalam desain grafis untuk objek yang non realistis? Apakah yang membuat logo pu lebih bisa dibuat dengan basis vector dibandingkan dengan bitmap. Berikut adalah kelebihan yang bisa dilakukan software vector dibandingkan dengan bitmap.

  1. Gambar dapat diperbesar tanpa pecah

Dibandingkan dengan bitmap, vector lebih baik digunakan dalam desain dalam pembuatan banner adalah karena gambar pada software vector tidak akan pecah apabila dicetak dalam ukuran besar sekalipun. Hal ini karena pada vector tidak berlaku PIXEL sehingga tidak akan mengalami frame drop pada resolusi berapa pun.

  1. Lebih mudah dan menyenangkan

Penggunaan desain grafis berbasis vector cenderung lebih mudah dan lebih sederhana. Hal ini karena pada vector lebih untuk mengolah gambar yang non realistis sehingga cenderung tidak terlalu memperhatikan detail. Berbeda dengan bitmap yang penggunaannya sampai harus diperbesar untuk mengolah detailnya.

  1. Memori ukuran lebih kecil

Berkas yang diolah dengan basis vector cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan basis bitmap karena seperti yang telah disebutkan. Pengolahan desain pada basis vector tidak terlalu memperhatikan detail sehingga olahan – olahan yang dipakai sebagai detail pada bitmap tidak terpakai untuk basis vector.

Berikut tadi diatas adalah beberapa keuntungan yang dapat diandalkan dari desain grafis berbasis vector dibandingkan dengan bitmap. Perbedaan yang paling mendasar antara vector dengan bitmap adalah bitmap merupakan basis yang menggunakan titik sebagai dasarnya. Sedangkan vector memakai kombinasi antara garis dan titik dan diformulasikan dengan rumus matematika tertentu dalam penggunaannya. Selain logo pu, masih banyak lagi logo lainnya yang ada di www.kampungdesigner.com.

Related posts: