Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan budaya yang beraneka ragam. Keanekaragaman tersebut bisa dilihat dari bahasa daerah, makanan khas, hingga baju daerah masing-masing provinsi. Namun, salah satu ciri khas Indonesia yang terkenal di kancah internasional adalah kain batik. Kain batik Indonesia memang sangat menarik para wisatawan mancanegara. Selain corak kain batik yang indah, batik Indonesia juga memiliki variasi yang sangat beragam. Contohnya batik Pekalongan, batik Solo, batik Cirebon dan lain-lain. Batik-batik ini memiliki ciri khas dan corak masing-masing, misalnya batik Cirebon khas dengan corak mega mendung. Tetapi dari ciri khas tersebut, batik-batik itu kini juga memperlihatkan sisi lain yaitu dengan membuat batik modern.

Batik Bersaing Dalam Dunia Fashion

Para pengrajin batik saat ini banyak yang membuat batik modern dengan alasan mengikuti perkembangan zaman. Yap, seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan fashion di Indonesia juga sangat pesat. Oleh karena itu, agar tidak kalah bersaing dalam dunia fashion para pengrajin ini membuat model-model batik agar terlihat lebih modern dan kekinian. Karena, zaman dulu model batik hanya berupa kemeja. Semakin lama, batik ini membuat para konsumen bosan. Akhirnya, saat ini batik-batik dibuat dengan berbagai model modern sesuai dengan golongan umur konsumen.

Batik Terkenal Di Dunia Internasional

Model-model batik yang saat ini dijual di pasaran sangat banyak jenisnya. Sebagai contoh, batik model gamis, batik model gaun untuk ke pesta, batik dengan corak grup sepakbola dunia, batik model kebaya dan lain sebagainya. Dulu, batik lebih banyak dibuat untuk kemeja saja. Namun saat ini juga sudah banyak celana-celana dan rok batik dengan berbagai model. Model-model batik modern ini selain untuk memenuhi kebutuhan konsumen, juga agar bisa bersaing di dunia Internasional. Batik Indonesia semakin dikenal mata dunia dalam ajang-ajang fashion Internasional. Para desainer juga sangat pintar membuat batik terlihat sangat elegan dan berkelas. Daya tarik yang paling kuat dari batik di dunia adalah kain batik ini hanya terdapat di Indonesia dan tidak terdapat di negara-negara lain.

Related posts: