Penggunaan batik tulis saat ini memang lebih untuk tujuan yang eksklusif karena memang harganya yang juga lebih eksklusif dari jenis batik lainnya seperti cap dan lukis. Tentunya hal ini menyangkut berbagai hal seperti proses pembuatannya yang lebih rumit dan sangat lama. Sebab jika bada batik cap maka proses pembuatannya hanya memakan waktu beberapa hari saja namun sangat jauh berbeda dengan batik yang prosesnya ditulis detail per detail yang proses pembuatannya memakan waktu hingga berbulan-bulan. Karena hal itulah harganya juga menjadi sangat jauh berbeda.

Batik Tulis Dan Cirinya

Batik yang tergolong eksklusif ini memang menjadi koleksi yang terkadang menguntungkan karena semakin rumit pengerjaannya maka akan semakin mahal harganya. Dan tidak sedikit orang yang berani berinvestasi dalam batik tersebut. Batik tulis memang memiliki harga yang terbilang mahal karena memiliki kualitas yang lebih baik dan merupakan standar ekspor. Pembuatan batik yang juga lebih eksklusif membuatnya memiliki tampilan sangat cantik dan elegan. Dengan warna yang lebih menyatu dengan kain dan terlihat seperti dapat digunakan dari 2 arah. Berbeda dengan batik cap yang motifnya lebih terlihat jelas pada sisi luar dan pudar pada bagian dalamnya.

Yang namanya handmade maka tidak ada batik tersebut yang kembar karena pasti saja ada sedikit perbedaan apakah itu lengkungannya atau titiknya. Karena memang dibuat dengan tangan yang tentunya berbeda. Memiliki detail yang beragam dan lebih rumit tentunya tidak akan dimiliki oleh batik cap. Karena itulah jarang sekali batik handmade ini memiliki pola yang berulang dan sama dari atas hingga bawah. Meskipun tidak selalu namun terdapat beberapa kain batik yang mencantumkan nama pembuatnya pada ujung kain sekalipun terdapat nama merek atau jenis motif dari kain batik tersebut.

Penggunaan kain katun kelas 1 membuat kain batik tulis menjadi sangat halus, lembut dan adem ketika digunakan. Tidak mengherankan jika harganya juga menjadi eksklusif ditambah dengan pengemasan yang juga eksklusif. Namun tentunya hal ini juga menjadi keharusan karena menghormati proses pembuatannya yang rumit.

Related posts: