Keuangan memang menjadi hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan dan bahkan organisasi. Pembukuan keuangan atau laporan keuangan pun sudah sewajibnya menjadi hal yang diketahui oleh orang yang memang bekerja di bidang keuangan. Contoh laporan keuangan bisa menjadi panduan Anda dalam penulisan setiap laporan keuangan yang dibutuhkan. Pastikan bahwa Anda pun mengetahui laporan jenis apa yang akan Anda tulis sebelum mencari contoh yang memang Anda inginkan. Lalu, apa saja jenis laporan keuangan yang patut Anda ketahui?  Jika Anda benar-benar ingin mempelajari ini, simak informasinya berikut ini.

Jenis Laporan Keuangan dan Kegunaannya

Berikut ini beberapa jenis laporan keuangan dan kegunaannya bagi Anda yang sedang mencari contoh laporan keuangan.

  • Laporan Laba Rugi

Laporan yang satu ini bertujuan agar bisa menunjukkan kerugian atau keuntungan yang didapatkan oleh sebuah badan perusahaan. Selain itu, laporan yang satu ini juga bertujuan untuk menuliskan besarnya pajak yang harus dibayar.

  • Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan yang satu ini melaporkan perubahan jumlah modal oleh suatu perusahaan. Anda juga bisa melihat alasan atau faktor di balik perubahan yang terjadi tersebut.

  • Neraca

Laporan yang satu ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana kondisi keuangan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dalam neraca ini bisa dilihat beberapa informasi penting terkait dengan beberapa informasi seperti jumlah aset perusahaan, hutang/piutang, dan juga modal atau ekuitas perusahaan.

  • Laporan Arus Kas

Pada laporan ini, data yang ditunjukkan adalah data aliran masuk dan juga keluar yang dialami oleh sebuah perusahaan. Dari laporan ini, bisa dilihat tentang indikator dari jumlah arus kas yang bisa dimiliki di periode mendatang.

  • Catatan Atas Laporan Keuangan

Pada laporan yang satu ini, akan ditampilkan informasi yang lebih rinci terkait dengan laporan keuangan yang ada. Intinya, laporan yang satu ini merupakan laporan lengkap yang mencakup 4 laporan sebelumnya dan bahkan dengan data yang lebih rinci.

Demikian itu tadi beberapa informasi tentang jenis laporan dan contoh laporan keuangan. Pastinya, setiap jenis laporan keuangan akan memiliki bentuk yang berbeda.

Related posts: