Mungkin sebelumnya Anda masih merasa asing dengan kata Elearning. Padahal sebenarnya itu merupakan metode pembelajaran yang banyak diterapkan oleh sejumlah sekolahan saat ini. Namun memang baru sekolah di perkotaan saja yang menggunakan metode pembelajaran tersebut. Padahal jika metode tersebut diterapkan di berbagai sekolahan, pasti akan lebih menguntungkan dan lebih efisien waktu. Jika Anda kurang paham dengan apa fungsi dari e-learning, berikut kami informasikan beberapa fungsinya.

3 Macam Fungsi Metode Pembelajaran Elearning

Siapa saja yang masih kekurangan informasi terkait metode belajar Elearning, maka berikut beberapa fungsi yang bisa diperoleh sekolah jika menerapkan metode tersebut.

Bisa menjadi sebuah suplemen. Maksud dari suplemen ini, metode e-learning dapat menjadi ilmu tambahan bagi para murid di sekolahan. Sehingga mereka akan memiliki kebebasan dalam memilih. Para murid nantinya tidak diwajibkan mengakses materi pelajaran, akan tetapi murid tetap mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak dari sebelumnya.

Bisa menjadi komplemen. Apakah itu komplemen? Komplemen ini merupakan tambahan ataupun pelengkap sebuah materi pelajaran. Jadi siapa saja murid yang sudah berhasil menguasai materi yang diberikan oleh guru, mereka akan mendapatkan materi tambahan dari e-learning. Tujuan diadakan metode pembelajaran tersebut adalah, agar para murid bisa semakin mantap dalam memahami materi yang sudah diberikan. Akan tetapi terkadang e-learning pun digunakan untuk para murid yang remedial. Sehingga mereka akan mendapatkan materi pengulangan dengan tema yang sama. Sehingga mereka pun jadi lebih paham tentang materi yang sudah disampaikan secara tatap muka pada waktu itu.

Bisa menjadi sebuah pengganti atau substitusi. Di beberapa perguruan tinggi yang berada di Negara maju pasti akan memberikan metode pembelajaran e-learning. Pasalnya ini adalah metode yang memang sangat baik bagi para mahasiswa di perkuliahan. Tujuan menggunakan metode tersebut agar para mahasiswa bisa mengelola kegiatan perkuliahannya secara fleksibel. Dengan begitu antara waktu kuliah serta aktivitas lain tidak saling bertabrakan atau bisa saking sinkron. Demikianlah beberapa fungsi penting dari Elearning.

Related posts: