Kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia pada dasarnya hanya terdapat 4saja diantaranya yaitu kebutuhan pangan, sandang, jasmani, dan rohani. Yang dimaksud dengan pangan adalah makanan, sandangan adalah pakaian, jasmani adalah tubuh atau kesehatan, dan rohani adalah ketenangan hati. Semua itu merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan dan harus dipenuhi oleh setiap manusia.

Apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka dalam kehidupan sehari-hari akan terasa hampa dan tidak nyaman. Makanan dan pakaian merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan sekali oleh manusia. Seperti baju gamis baik untuk wanita ataupun baju gamis pria, apa pun jenis kelamin dan usia tentu sangat membutuhkan pakaian.

Perkembangan Pakaian dari Masa ke Masa

Yang semula kebutuhan itu bersifat monoton, artinya tidak adanya sebuah inovasi baru untuk dinikmati oleh manusia atau masyarakat dengan cara dan tampilan yang baru. Tetapi sekarang semua itu sangatlah bervariasi dan memiliki tampilan baru yang sebelumnya tidak pernah ada. Bisa kita lihat bahwa makanan sekarang memiliki nama dan bentuk yang beragam walaupun sebenarnya isi dan bahan-bahan utamanya sama, hal ini dilakukan agar dunia pasaran bisa menarik perhatian konsumen. Kemudian pakaian saat ini juga sangat bervariasi, mulai dari model, bentuk, warna, dan nama untuk setiap pakaian berbeda-beda.

Jika sebelum-sebelumnya masyarakat lebih dominan untuk tidak menggunakan hijab, dimana bagian-bagian tubuh diperlihatkan kepada umum, kemudian menggunakan pakaian pendek, dan tidak menggunakan jilbab. Mereka saling berlomba dalam memamerkan rambutnya dan warna kulit. Tetapi sekarang ini, sebagian besar masyarakat kaum hawa dan pria lebih senang menggunakan pakaian panjang baik gamis untuk wanita ataupun baju gamis pria, menggunakan jilbab sebagai penutup kepala dan rambu untuk wanita.

Sedangkan untuk pria mereka menggunakan pakaian berlengan panjang dan pendek, menggunakan jubah muslim beserta peci untuk menutup kepalanya. Perubahan ini dipengaruhi oleh pola fikir, dimana mereka lebih banyak dan mendalami ilmu keagamaan. Karena berdasarkan agama muslim seorang wanita wajib menutup aurat dari rambut sampai ujung kaki.

Kemudian untuk pria diwajibkan menjadi imam yang baik untuk keluarganya berdasarkan syariat Islam. Maka dari itu saat ini tidak hanya wanita yang menggunakan baju panjang dengan sebutan gamis tetapi juga pria menggunakan baju seperti wanita tetapi sebutan untuk baju gamis pria dalam jubah.

Related posts: