Saat Anda berkunjung ke Surabaya tentunya ingin merasakan makanan khas yang menjadi ciri kota tersebut. Karena itu tidak ada salahnya untuk menikmati kuliner Surabaya seperti rujak cingur, tahu tek, nasi pecel, rawon, soto lamongan dan lain sebagainya. Berbagai makanan khas tersebut tersebar di setiap sudut kota Surabaya.

Makanan Khas Surabaya Paling Ajib!

Berbagai makanan khas memang menjadi ciri daerahnya yang menjadi pengingat daerah yang dikunjungi. Karena itulah jangan sampai lupa untuk menikmati makanan khas dari daerah tersebut tanpa terlewatkan. Berbagai makanan khas dari Surabaya, diantaranya adalah:

  1. Rujak cingur yang merupakan makanan paling populer dan unik di Surabaya dengan berbahan aneka sayuran juga buah-buahan tidak lupa potongan lontong yang kemudian disiram dengan bumbu kacang dan petis. Dan yang tidak ketinggalan dan harus ada adalah cingur berupa hidung kerbau yang memang bahan utamanya.
  2. Sate klopo kuliner Surabaya berikutnya yang tidak kalah beken dari rujak cingur. Makanan yang berbahan dasar lemak dan jeroan sapi yang dibakar dan dilumuri kelapa dan disiram bumbu kacang. Jadi bukan daging kelapa yang dibuat sate ya.
  3. Nasi goreng jancuk, merupakan salah satu makanan yang lagi hits di Surabaya karena porsinya yang cukup besar hingga bisa disantap hingga 5 orang dan rasa pedasnya yang menggelegar membuat mereka yang doyan pedas pasti penasaran untuk mencicipinya.
  4. Soto Lamongan juga tidak kalah populernya di Surabaya, dengan rasa segar, gurih dan kental karena dimasak dengan santan.
  5. Tahu tek yang berisi lontong, kentang dan tahu goreng. Yang uniknya adalah semua bahan tersebut diirisnya tidak menggunakan pisau namun dengan gunting. Kemudian disiram dengan petis sebagai bumbunya dan dilengkapi dengan kerupuk.
  6. Nasi rawon yang merupakan khas dari Jawa Timur ini memiliki kuah yang hitam pekat yang disebut dengan kluwak berisikan potongan daging sapi berbentuk dadu dan irisan kikil dan jeroan sapi. Bahkan saat ini terdapat nasi rawon setan dengan rasa yang super pedas.

Dan demikian ncepsuroboyo.com memberikan sedikit ulasan tentang kuliner khas Surabaya yang wajib Anda cicipi.

Related posts: