Artikel kali ini akan membahas mengenai bisnis yang cocok bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi. Indonesia memiliki kontur daerah yang sangat beragam dan memiliki keunikannya masing-masing. Indonesia memiliki jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Kebanyakan dari gunung berapi tersebut masih aktif serta siap memuntahkan lahar panasnya kapan saja. Selain itu, banyak pula terdapat pegunungan yang mengelilingi Indonesia dan di setiap pulau ada. Banyak pula masyarakat yang memilih tinggal di dataran tinggi karena banyak potensi yang ada ketika tinggal di pegunungan. Bahkan banyak pula tempat wisata yang dapat dibangun di tempat wisata. Hal ini membuat masyarakat yang tinggal di dataran tinggi memiliki peluang usaha yang beragam. Selain itu, dataran tinggi pun dianugerahi dengan tanah yang subur sehingga usaha pertanian pun cocok dikembangkan di sana. Usaha apa sajakkah yang dapat dikembangkan di dataran tinggi?

Rezeki Tinggal Di Dataran Tinggi

Indonesia dikenal sebagai negeri bahari dan agraris, karena nenek moyang bangsa ini banyak yang berprofesi sebagai petani dan nelayan. Selain itu, tanah Indonesia pun sangat subur hingga muncul istilah tongkat kayu dan batu bisa jadi tanaman bila ditanam di tanah Indonesia. Apalagi di dataran tinggi, tanahnya lebih gembur dan mungkin beberapa telah tercampur dengan abu vulkanik dari gunung berapi yang membuatnya semakin subur. Berikut ini beberapa komoditas pertanian yang dapat Anda tanam dan dijadikan peluang bisnis bagi yang tinggal di dataran tinggi.

  • Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup digemari oleh masyarakat, namun masyarakat lebih sering memasak kentang dalam bentuk sayuran padahal hal tersebut dapat menyebabkan kelebihan karbohidrat. Tanaman dengan nama lain Solanum tuberosum ini cocok ditanam pada suhu sejuk dataran tinggi.

  • Strawberry

Buah yang satu ini merupakan jenis buah yang tersebar hampir di seluruh dunia. Jika Anda mengunjungi dataran tinggi, akan terdapat banyak kebun buah strawberry yang dapat dipetik sendiri. Hal ini dapat Anda jadikan inspirasi untuk menambah pundi-pundi rupiah keluarga.

Related posts: