Bagi Anda yang sedang membudidayakan ikan tentunya Anda memerlukan sebuah kolam. Sebuah kolam dapat terbuat dari tanah, semen atau jika Anda ingin lebih praktis maka Anda dapat menggunakan terpal. Kolam terpal dapat menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan kolam yang praktis dan juga efisien untuk ikan-ikan Anda. Dibandingkan dengan kolam yang terbuat dari semen memerlukan biaya lebih besar, sementara itu kolam yang terbuat dari tanah selain memerlukan lahan yang luas juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Lain halnya jika Anda menggunakan terpal untuk bahan pembuatan kolam, maka akan lebih mudah dan juga efisien dalam pengerjaannya.

Mudah Membuat Kolam Terpal

Pada dasarnya budidaya ikan dapat dilakukan di lahan yang sempit. Budidaya ikan meliputi pembesaran dan pembenihan. Keduanya tentunya membutuhkan pengalaman dan juga ketelatenan. Jika Anda menginginkan keuntungan yang tinggi, tentunya Anda harus serius dalam melakukan suatu usaha. Jika Anda mempunyai lahan yang sempit Anda dapat membudidayakan ikan lele atau gurami. Sangat disarankan agar Anda membudidayakan ikan lele atau gurami dengan menggunakan kolam terpal. Untuk pemilihan ikan sendiri, Anda dapat memilih ikan lele untuk budidaya. Ikan lele sangat layak untuk dilakukan budidaya karena mempunyai beberapa keunggulan seperti mempunyai pertumbuhan yang cepat, ikan ini juga lebih tahan di perairan tergenang yaitu dengan kandungan oksigen yang rendah. Kemudian ikan lele juga sangat gemar dipelihara oleh peternak ikan karena mempunyai kepadatan yang tinggi yaitu 150-300 ekor/m2.

Dengan menggunakan terpal maka Anda dapat melengkapi kolam dengan pengatur volume air, selain itu keamanan ikan juga lebih terjaga karena dapat diminimalisir dari pemangsa liar. Kemudian dapat diperoleh ikan yang bersih dan berkualitas. Kemudian peternak dapat menyediakan suhu air yang lebih optimal. Untuk penebaran ikan lele dapat mencapai 100 hingga 200 ekor per meter persegi, untuk ikan gurami dapat mencapai 10 sampai 20 ekor per meter persegi. Demikian informasi mengenai bisnis di bidang perikanan yang dapat dilakukan di lahan yang sempit, semoga bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk memesan kolam terpal, Anda dapat mengunjungi www.sangkutifarm.com.

Related posts: