Pernahkah anda mengalami sakit cantengan? Sakit ini memang cukup mudah untuk dijelaskan dan mungkin hampir setiap orang mengalami rasa sakit cantengan. Cantengan adalah kondisi dimana kuku jari tumbuh mendorong ke arah dalam kulit, dan terus menusuk kulit dan daging sehingga menyebabkan rasa sakit. Cantengan biasanya terjadi pada ibu jari kaki. Karena kuku pada ibu jari kaki terkadang melengkung lebih dalam daripada daging dan kulit di sekitar kuku menempel. Jika anda pernah mengalami kejadian ini, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter, karena terkadang cantengan bisa timbul kembali. Cantengan biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki tubuh cenderung gemuk, terutama pada para penderita obesitas.

Penyebab terjadinya cantengan pada kaki

Anda dapat mencegah terjadinya cantengan jika anda mengetahui penyebabnya, sehingga anda dapat menghindari hal-hal penyebab cantengan berikut ini. Penyebab yang pertama biasanya cantengan terjadi dikarenakan bentuk kuku yang cenderung berpotensi memiliki ujung menusuk ke arah dalam menuju kulit. Yang kedua dimungkinkan terjadi karena anda sembarangan dalam melakukan pemotongan kuku. Sehingga pertumbuhan kuku setelah dipotong menjadi tidak beraturan. Menggunakan sepatu yang terlalu sempit juga menjadi salah satu penyebab terjadinya cantengan. Terlebih jika kaki anda mudah berkeringat. Hal ini akan menyebabkan kuku jari anda menjadi lunak dan mudah rusak, sehingga dapat berakibat terselip ke dalam kulit dan menusuknya. Anda juga harus berhati-hati dalam beraktivitas. Karena benturan kuku dengan benda keras juga dapat menyebabkan kuku rusak dan tertancap ke dalam kulit. Biasanya penderita cantengan yang sudah cukup parah akan dilakukan operasi oleh dokter untuk melakukan pengangkatan pada kuku yang menyebabkan sakit. Apalagi terhadap para penderita obesitas, dimana proses penyembuhan luka akan menjadi lebih berbahaya dibanding orang-orang pada umumnya. Sehingga jika cantengan pada orang yang menderita obesitas dibiarkan, dapat berakibat pada amputasi.

Demikian sedikit informasi mengenai cantengan semoga dapat menambah wawasan anda. Konsultasikan pada dokter jika anda menderita cantengan dalam waktu yang lama dan mengakibatkan timbulnya pendarahan atau nanah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Related posts: