Usus buntu adalah penyakit yang sering diderita oleh masyarakat luas. Penyakit ini harus diketahui cara pencegahannya oleh masyarakat luas. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara mencegah penyakit usus buntu. Sementara itu tidak semua cara pencegahan usus buntu efektif untuk digunakan. Banyak pula orang yang berpikiran salah mengenai penyakit ini. Banyak orang mencegah penyakit usus buntu sesuai dengan yang diyakininya, padahal tidak sesuai dengan medis. Sementara itu usus buntu merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi di usus buntu. Dokter menyebut penyakit ini dengan sebutan radang di usus buntu. Usus buntu sendiri terletak di bagian perut kanan bawah. Jadi, jika mengalami sakit di perut bagian kanan bawah, maka bisa jadi merupakan sakit usus buntu.

Cara Alami Mencegah Usus Buntu

Jenis penyakit apapun tentunya lebih baik dicegah dari pada diobati. Untuk mencegah penyakit ini maka sebaiknya melakukan pencegahan, yaitu dengan meningkatkan daya imun. Sistem imun tubuh yang kuat merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencegah usus buntu. Karena ketika sistem imun tubuh meningkat, makanan tidak dapat masuk ke usus buntu. Jika sistem imun tubuh melemah, maka makanan dapat masuk ke usus buntu dan membusuk. Selanjutnya, akibat dari pembusukan tersebut dapat terjadi infeksi yang dapat membuat orang tersebut sakit perut. Jika sudah demikian maka harus segera diatasi, jika tidak maka dapat menyebabkan usus buntu pecah serta infeksi, kemudian dapat menjalar ke usus bagian lainnya.

Agar terhindar dari penyakit usus buntu maka sebaiknya hindari kebiasaan menunda buang air besar atau BAB. Kebiasaan ini terlihat sederhana, namun sebenarnya sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan radang usus buntu. Kebiasaan menunda BAB juga menyebabkan penumpukan feses yang merupakan faktor yang dapat menyebabkan radang usus buntu. Sebaiknya bagi Anda juga mengonsumsi makanan kaya serat, hal ini sangat baik karena orang yang sembelit mempunyai risiko radang usus buntu yang besar. Kemudian sering-sering untuk mengonsumsi air putih. Air putih sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan dapat mencegah sembelit.

Related posts: