Anak memiliki aktivitas yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa, dimana dunia anak-anak merupakan dunia petualangan yang bisa mengeksplorasi banyak sekali pengetahuan. Namun terkadang kendala bagi seorang ibu adalah ketika anak sakit dan tidak bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya. Hal ini tentu saja bisa menghambat tumbuh kembang anak, sehingga ketika anak sakit perlu untuk segera diatasi. Masalah yang sering terjadi pada kesehatan anak adalah mengenai panas dan demam. Meskipun ini adalah hal wajar yang dialami oleh anak-anak, tetapi bukan berarti Anda boleh membiarkannya. Karena jika dibiarkan ini bisa berakibat fatal dan bisa menjalar menjadi berbagai keluhan penyakit. Untuk itu, seorang ibu harus menjadi pahlawan untuk keluarga, terutama untuk anak, dimana ibu harus selalu siap sedia dalam mengobati anak ketika sakit. Namun perlu diingat, bahwasanya ketika anak demam tinggi, yang pertama kali harus dilakukan adalah tetap bersikap tenang dan jangan panic.

Cara Ibu Mengatasi Demam dan Panas Tinggi Anak

Ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang sedang panas dan demam tinggi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. Istirahatkan total anak, berhentikan semua aktivitasnya selama demam. Ketika anak sedang sakit, tentunya nafsu makan akan berkurang, bahkan hilang, maka dari itu ibu harus tetap membuat nafsu makan anak tetap terjaga, bisa dengan memberikannya madu. Pada dasarnya, ketika anak sakit, maka pola makan harus tetap dijaga, sehingga akan bisa membantu kesembuhan anak. Untuk mengatasi panas yang tinggi, ibu bisa memberikan obat penurun panas, tetapi berikanlah obat penurun panas yang biasa digunakan oleh anak. Usahakan untuk mengompres anak jika suhu badan tidak kunjung turun. Ceklah suhu tubuh anak secara teratur setiap beberapa waktu sekali, sehingga bisa terkontrol. Sebagai seorang ibu, tentunya harus mengerti keadaan, dimana ketika anak sedang sakit dan ia meminta sesuatu yang macam-macam seperti halnya jajan yang sembarangan, maka Anda harus bisa mencegahnya dengan baik, sehingga proses pengobatan akan lancar.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu untuk mengatasi panas dan demam pada anak. Apabila tubuh anak tetap demam dan panas tak kunjung turun, maka segeralah untuk membawanya ke dokter. Dengan demikian maka dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan anak dan akan memberikan berbagai saran pengobatan.

Related posts: