Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang hampir dialami oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Jerawat umumnya timbul karena perubahan hormon dalam tubuh serta kebiasaan tidak merawat kebersihan wajah. Kotoran-kotoran pada wajah tersebut akan menyumbat pori-pori sehingga muncul jerawat.

Jerawat diartikan sebagai suatu peradangan pada kulit yang terjadi akibat penyumbatan pori-pori. Peradangan ini biasanya sampai menyebabkan efek kemerahan hingga mengandung nanah. Pada beberapa hari awal, jerawat mungkin akan terasa sakit dan perih. Namun, seiring dengan perubahan hormon dan perawatan, jerawat akan sembuh.

Menghilangkan Jerawat Batu

Ada salah satu jenis jerawat yang menjadi masalah serius para wanita yaitu jerawat batu. Apa perbedaan jerawat batu dengan jerawat biasa? Anda mungkin pernah melihat sebuah jerawat yang keras dan ketika ditekan tidak pecah. Yah itulah jerawat batu. Jerawat ini biasanya ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jerawat lain.

Jerawat batu pada umumnya lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan jerawat biasa. Jika Anda menekan sebuah jerawat batu, maka rasanya akan lebih sakit dibandingkan ketika Anda memencet jerawat biasa. Perawatan dan treatment untuk mengatasi jerawat ini juga berbeda dengan jerawat biasa. Beberapa cara yang bisa Anda pilih ketika tumbuh jerawat batu pada wajah Anda yaitu:

  1. Facial

Facial adalah cara yang paling sering dipilih seseorang untuk menghilangkan jerawat batu. Dengan facial, dokter kulit atau klinik kecantikan dapat dengan mudah mengangkat jerawat baru pada wajah Anda. Karena untuk menghilangkan jerawat batu memang diperlukan perlakuan khusus.

  1. Menggunakan es batu

Es batu yang diletakkan diatas jerawat batu dapat menyempitkan pembuluh darah kecil yang menyebabkan jerawat membandel. Es batu juga dapat mengurangi ukuran jerawat batu. Treatment ini mungkin membutuhkan waktu lama dan harus dilakukan secara rutin.

  1. Mencampurkan tiga produk jerawat

Campurkan krim yang mengandung sulfur, krim bezoyl peroxide, dan cream cortison ringan. Campuran krim ini terbukti cukup efektif untuk menghilangkan jerawat baru. Gunakan campuran krim ini selama 2 atau 3 kali sehari.

Related posts: