Penyakit jantung menjadi penyakit paling mematikan di Indonesia. Orang yang terkena serangan jantung mendadak bisa saja langsung meninggal dunia. Jantung merupakan organ vital dalam tubuh yang harus selalu senantiasa kita jaga kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dari berbagai hal mulai dari menjaga asupan makanan serta kegiatan sehari-hari yang menyehatkan.

Cara Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

  1. Kenali Makanan Berbahaya

Makanan yang berbahaya disini bukan berarti makanan yang mengandung racun tikus atau lainnya. Makanan yang berbahaya disini adalah makanan yang mengandung zat yang jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan jantung dalam hal ini makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol. Zat ini banyak ditemukan pada gorengan, makanan kemasan dan makanan cepat saji.

  1. Tidak Merokok

Apa pun alasannya merokok bukanlah kebiasaan baik untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menyerang paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan jantung. Resiko penyakit jantung dapat menyerang perokok aktif maupun pasif yang terpapar asap rokok dengan resiko sebesar 30%.

  1. Jangan Terlalu Lama Duduk

Jika Anda diharuskan bekerja dengan duduk terlalu lama, buatlah aktivitas lain sebagai selingan. Anda dapat berjalan sebentar hanya untuk selingan. Imbangi pula dengan kegiatan olahraga sederhana paling tidak lakukan gerakan senam atau tarian sederhana ketika Anda bekerja agar tubuh tidak kaku.

  1. Menjaga Kebersihan Gigi

Ternyata kesehatan gigi juga ada hubungannya dengan penyakit jantung. Gigi yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar protein C-reaktif. Hal ini dapat menyebabkan radang pada pembuluh darah. Radang ini lah yang akan menghambat proses peredaran darah besar atau pun kecil, sehingga beresiko menyebabkan penyakit jantung.

  1. Istirahat Cukup

Istirahatlah yang cukup, jangan memaksakan diri untuk melakukan segala pekerjaan. Tubuh Anda juga memerlukan waktu untuk sekedar relaksasi.

Demikianlah artikel tentang cara menjaga agar terhindar dari penyakit serangan jantung.

Related posts: