Mata merupakan salah satu alat indera yang sangat penting. Fungsi mata sangatlah banyak, apalagi fungsi utamanya yang digunakan untuk melihat objek nyata. Untuk itu, menjaga kesehatan mata adalah hal yang utama yang perlu dilakukan. Kini banyak sekali orang yang terganggu dengan masalah kesehatannya sehingga mereka harus mengeluarkan banyak biaya untuk operasi dan membeli kaca mata. Dengan demikian, maka akan sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Pertama, perhatikan cara membaca, yakni dengan jarak mata dan buku kurang lebih adalah 30 cm. Jika terlalu dekat, maka akan membuat mata semakin lelah dan lama kelamaan akan menurun fungsinya. Selain itu usahakan untuk membaca dengan posisi duduk yang baik. Banyak sekali orang yang suka membaca dengan kondisi tiduran. Dan hal ini sangat mempengaruhi kesehatan mata.

Kedua, perhatikan cara dalam mengoperasikan gadget, komputer, dan menonton TV. Cahaya yang memancar dari alat elektronik ini sangat berpengaruh pada kesehatan mata, sehingga Anda harus memperhatikannya dengan baik. Jangan terlalu dekat di depan layar monitor, serta jangan terlalu lama pula. Aturlah jarak dan waktu yang sekiranya tidak membuat mata lelah. Biasanya, jika terlalu dekat dan terlalu lama di depan layar, maka mata akan berbayang ketika melihat suatu objek. Dengan demikian fungsi mata akan menurun perlahan.

Ketiga, usahakan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A. Vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata, sehingga perlu untuk dikonsumsi. Banyak sekali sumber makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi. Buah yang mengandung vitamin A antara lain adalah buah apel, alpukat, tomat, pisang, dan lainnya. Sedangkan sayur, hampir semua sayur mengandung vitamin A. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk apapun, baik dalam kondisi segar, atau dibuat sedemikian rupa menjadi menu lain.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Jika Anda melakukannya dengan baik, maka mata Anda akan tetap sehat. Bagi yang menderita rabun dekat, jauh, dan yang lainnya, juga perlu melakukan hal ini. Karena dengan memulai pola hidup yang sehat, maka kesehatan akan terjaga. Dan perlahan gangguan mata yang diderita akan hilang sedikit demi sedikit.

Related posts: