Kuda-kuda baja ringan merupakan salah satu elemen penting dari sebuah struktur atap rumah baik menggunakan reng, kayu, bambu, kaso atau dengan baja ringan. Fungsi utama dari kuda-kuda tersebut adalah untuk menopang beban berat dari rangka di bagian atas seperti beban penutup atap serta beban dari curah angin atau hujan. Penggunaan serta pemasangan kuda-kuda baja ini sudah akrab dengan para tukang bangunan yang semuanya sudah menguasai bagaimana cara mengukur jarak standar baja ringan tersebut dan bagaimana pemasangannya. Fungsi dari baja ringan tersebut ada tiga yaitu sebagai kuda penopang beban atau sebagai penyalur gaya tekan, kedua tiang tengah yang berguna untuk pendukung balok molo atau bubungan, ketiga sebagai penahan gaya tarik pada balok dasar.

Sasaran Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Kuda Baja

Setelah memahami apa itu kuda baja ringan serta fungsinya, selanjutnya adalah cara memasang dan mengukur sesuai dengan standar ilmu bangunan. Ada beberapa sasaran yang mesti diperhatikan sebelum melakukan pemasangan kuda baja ringan, diantaranya adalah:

  1. Terus atau kuda-kuda harus dilengkapi dengan angkur pada kedua sisi tumpuannya harus terpasang dengan kuat dan stabil
  2. Kuda-kuda baja ringan mengarah pada bagian ringbalk dengan posisi tegak lurus
  3. Pemasangan apex dan nok diatas sama rata
  4. Hindari perubahan atau deformasi bentuk akibat dari kesalahan teknis pekerjaan
  5. Mengecek lapisan pelindung dari baja yang tidak boleh ada yang rusak
  6. Sisi miring dari atap harus sama rata tidak boleh ada yang bergelombang.

 

5 Langkah Proses Pemasangan Kuda Baja Ringan

Memahami berbagai hal sebelum memasang kuda baja merupakan hal yang penting agar proses pemasangannya bisa dengan tepat, setelah mengetahui hal yang diperhatikan sebelum memasang kuda baja ringan. Berikut ini 5 langkah yang dilakukan dalam proses pemasangan kuda-kuda baja ringan:

  1. Pembuatan kuda-kuda yang terdiri dari sambungan atas baja ringan atau top chord, tumpangan baja ringan ke dinding bangunan (pitching point) dan skor pengaku.
  2. Mendudukan baja ringan ke dinding menggunakan bracket L menggunakan dynabolt
  3. Memasang bagian reng baja ringan dengan profil reng yang disesuaikan dengan atap penutup
  4. Memasang lisplang yang bisa menggunakan lisplang polos atau GRC
  5. Terakhir tinggal memasang atap penutupnya.

Related posts: