Dalam keseharian kita ketika mengasuh bayi baik itu yang baru lahir atau yang sudah beberapa bulan, tentunya pernah bahkan sering sekali kita mendengar bayi sering kentut. Namun suara kentut yang terkesan ringan dan lembut tidak membuat orang tua cemas, tetapi apabila dengan seringnya bayi kentut bayi justru terlihat tidak nyaman dan rewel kita akan khawatir dan mencari penyebabnya. Untuk itu artikel kali ini akan membahas beberapa penyebab kentut yang sering dialami bayi. Bayi adalah

Mengapa Bayi Sering Kentut Dan Apa Penyebabnya?

Jika kita mempunyai anak bayi atau memiliki saudara atau tetangga yang mempunyai anak bayi kita akan sering menjumpai beberapa hal salah satunya adalah bayi sering kentut. Hal itu ternyata normal karena memang sistem pencernaan bayi yang belum begitu sempurna yang menjadi penyebab utama. Anda tidak perlu khawatir karena semua itu bisa dicegah jika kita tahu beberapa penyebab bayi jadi sering kentut.

Yang pertama adalah saat ibu menyusui bayi  dengan asi eksklusif baik itu melalui payudara atau dot, ternyata ada gas atau gelembung udara yang ikut masuk ke pencernaan bayi. Apalagi jika bayi minum dengan cepat dan tergesa gesa maka udara akan lebih banyak yang masuk, untuk itu perhatikanlah teknik yang ibu lakukan saat menyusui bayi agar bayi tidak terlalu cepat saat minum susu.

Yang kedua diakibatkan oleh pola makan dari sang ibu, apabila ibu memakan sayuran seperti kol dan kacang kacangan hal itu akan membuat asi mengandung gas lebih banyak dari biasanya, tentu itu akan mempengaruhi kondisi bayi.

Yang ketiga dikarenakan oleh kandungan laktosa pada asi atau susu formula yang berbentuk karbohidrat yang tidak terserap secara maksimal di usus halus bayi, sebab sistem pencernaan yang belum sempurna. Maka akan timbul fermentasi lalu akan muncul gas sisa.

Jadi demikian beberapa penyebab dari hal lucu dan aneh tentang bayi sering kentut. Maka telitilah makanan yang dikonsumsi agar tidak terjadi hal yang tidak kita harapkan.

Related posts: