Jenis makanan yang ada di Indonesia saat ini banyak sekali ragamnya. Banyak sekali wisata kuliner yang sangat menarik perhatian masyarakat. Berbagai kebutuhan pangan tradisional hingga internasional di Indonesia memang sangat memuaskan kebutuhan primer masyarakat. Namun disamping maraknya jenis makanan yang beredar, diiringi juga dengan bertambahnya atau meningkatnya jenis penyakit. Hal ini dikarenakan jenis makanan mengandung banyak pengawet maupun menggunakan bahan-bahan yang membahayakan tubuh. Penambahan zat-zat tersebut bertujuan untuk menciptakan makanan dengan cita rasa yang enak dengan modal yang murah. Banyak sekali makanan siap saji yang lebih menggugah selera dibandingkan untuk mengonsumsi sayur. Hal ini tentu menyebabkan masalah kesehatan. Dalam jangka panjang kebiasaan ini dapat menyebabkan penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke dan diabetes. Dalam jangka pendek, mengonsumsi makanan ini bisa menyebabkan konstipasi karena tubuh kekurangan serat.

Jenis Buah Pencegah Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah suatu kondisi dimana tubuh sulit buang air besar atau tidak bisa buang air besar sama sekali. Seseorang dikatakan menderita konstipasi apabila dalam satu minggu buang air besarnya kurang dari 3 kali. Konstipasi menyebabkan rasa sakit perut dan mempengaruhi rutinitas sehari-hari. Penanganan terhadap konstipasi bisa dilakukan dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Beberapa makanan yang bisa digunakan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit adalah sebagai berikut:

  1. Jus semangka dan biji chia

Jus semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sedangkan biji chia mampu mengubah makanan dalam tubuh menjadi bentuk jelly. Hal ini akan membuat tubuh lebih lancar buang air besar.

  1. Pisang dan biji wijen

Pisang mengandung magnesium yang mampu melembutkan tinja. Biji wijen juga bisa memberikan pelumas pada tinja.

  1. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi mampu membuat pergerakan usus menjadi lebih mudah. Sehingga pencernaan makanan dalam tubuh lebih lancar.

  1. Aneka buah beri

Jenis buah-buahan beri seperti stroberi, blueberri, rasberi dan blackberi memiliki kandungan serat yang cukup tinggi namun rendah kalori. Buah yang mengandung banyak serat sangat baik untuk pencernaan.

Related posts: