Saat ini, bisa dikatakan jika fokus pemerintah lebih ditekankan untuk pengembangan desa swadaya. Desa swadaya sendiri merupakan desa yang bisa dikatakan mandiri karena dapat melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa adanya bantuan atau ketergantungan dari desa lain.

Desa swadaya ini memiliki ciri yang mencolok yang kiranya akan dengan mudah Anda temui di beberapa desa yang dekat dengan Anda. nyatanya, ada Ciri Ciri Desa Swadaya yang bisa Anda baca agar mudah dalam memberikan tafsiran dan juga pemahaman.

Ciri Desa Swadaya Sebagai Tanda Yang Istimewa

Tanda ini hanyalah dimiliki oleh desa swadaya yaitu desa yang mandiri yang tak memiliki ketregantungan terhadap desa lain. Ciri Ciri Desa Swadaya ini tidak akan mudah ditemui karena masih dikatakan sangat jarang adanya desa swadaya di lingkungan kita namun tidak menutup kemungkinan untuk hal tersebut.

  • Penduduk minim

Salah satu tanda yang paling nyata yang bisa dijadikan sebagai tanda atau ciri desa swadaya adalah jumlah penduduknya. Untuk desa swadaya, pastinya akan bisa memiliki penduduk yang lebih minim dibandingkan dengan penduduk yang lainnya.

  • Pendidikan masyarakat rendah

Selain jumlah penduduk yang minim, desa ini juga memiliki masyarakat yang rata-ratanya memiliki tingkat Pendidikan yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan, yang Namanya penduduk swadaya biasanya hanya akan meneruskan satu pekerjaan yaitu petani di mana hal ini akan dilakukan secara turun temurun setiap harinya.

  • Mata pencaharian petani

Selain itu, desa ini juga akan memiliki mata pencaharian yang homogen yaitu petani di mana hasil dari pertanian yang didapatkan ini biasanya tidak akan untuk dijual namun untuk dikonsumsi pribadi sehingga ruang lingkupnya kecil.

Salah satu ciri yang sangat nyata adalah masalah topografi atau tempat tinggalnya di mana untuk masyarakat swadaya ini akan lebih tinggal di daerah pegunungan atau di daerah yang berbukit. Hal ini tentunya sesuai karena jenis pekerjaan yang mereka ambil yaitu petani sehingga daerah yang mereka tinggali adalah daerah gunung dengan topografi berbukit-bukit Berdesa.com.

Related posts: