Artikel kali ini akan membahas mengenai cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini melanda Indonesia dan bahkan juga dunia serta hubungannya dengan kesehatan manusia. Cuaca saat ini tidak mudah diprediksi lagi, bisa jadi saat pagi hari cuacanya masih cerah namun saat memasuki siang hari tiba-tiba awan mendung datang dengan air hujan yang siap ditumpahkan. Kemudian setelah hujan turun, matahari akan muncul lagi memberikan kehangatannya. Bahkan pembagian antara musim hujan dan musim kemarau pun tidak dapat diprediksi lagi. Hal ini membuat Anda harus waspada dengan selalu membawa payung atau jas hujan jika yang mengendarai sepeda motor.

Persiapkan Diri dalam Menghadapi Cuaca Ekstrem

Cuaca ini juga dapat berpengaruh pada jumlah kuman, bakteri, dan virus serta penyebab penyakit yang lainnya mudah berkembang biak serta mempunyai kekuatan dalam menginfeksi manusia. Keadaan akan semakin parah jika sistem kekebalan tubuh menurun karena tidak kuat menghadapi suhu dan iklim yang ekstrem ini. Jadi apa yang harus Anda lakukan ketika menghadapi cuaca ekstrem ini? Simak uraian berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Manusia memang diberi anugerah oleh Tuhan berupa sistem imunitas atau kekebalan tubuh dalam memerangi zat asing yang masuk ke dalam tubuhnya. Zat asing ini dapat berupa bakteri, virus, bahkan debu atau partikel yang dapat menyebabkan beberapa penyakit dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah cara untuk memperkuat pertahanan tubuh agar dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

  • Meminum vitamin

Vitamin merupakan suatu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dapat membantu tubuh manusia mempertahankan kesehatannya. Konsumsi vitamin sebaiknya sesuai dengan resep dari dokter agar dosisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

  • Makan buah dan sayur

Salah satu sumber vitamin dan mineral alami yaitu dari buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki harga yang terjangkau serta rasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan obat. Tentunya Anda pun akan dapat lebih mudah melakukan kreasi dan modifikasi pada masakan yang terbuat dari buah atau pun sayur ini. Pastikan Anda mengonsumsi buah dan sayur secara rutin agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Related posts: