Saat ini tengah dibangun sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbaru di wilayah Tapanuli Selatan. PLTA ini dibangun di sekitar tiga kecamatan di Tapanuli Selatan yaitu Kecamatan Batangtoru, Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Meracar. PLTA ini dinilai akan menjadi PLTA terbesar di Sumatera. Pembangunan PLTA ini bertujuan untuk meningkatkan kehidupan perekonomian di Pulau Sumatera.

PLTA Batangtoru dapat Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Pembangunan PLTA di Tapanuli Selatan ini memanfaatkan lahan seluas 24 Ha. PLTA ini dibangun di wilayah hutan dan Sungai Batangtoru. Proyek pembangunan PLTA ini merupakan program pembangunan nasional yang dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Sumatera. Pasalnya PLTA ini direncanakan dapat menghasilkan tenaga listrik hingga 510 MW. Listrik yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan listrik yang dibutuhkan untuk daerah – daerah di Pulau Sumatera. Hal inilah yang menjadikan PLTA Batangtoru digadang – gadang akan menjadi PLTA terbesar di Sumatera.

Lalu apa saja dampak positif pembangunan PLTA di Tapanuli Selatan ini terhadap kesejahteraan perekonomian masyarakat Pulau Sumatera ? Simak ulasan berikut ini.

  1. Tercukupinya Kebutuhan Listrik di Sumatera Utara dan Pulau Sumatera

Jika rencana pembangunan PLTA ini terealisasi maka kebutuhan listrik di Pulau Sumatera, pasalnya produksi listrik yang dihasilkan sebanyak 510 MW. Produksi ini sangat besar jika dibandingkan dengan PLTA yang telah dibangun dan beroperasi pada daerah lain.

  1. Dibangun dengan Teknologi yang ramah lingkungan

Teknologi yang digunakan untuk membangun PLTA ini bernama Run of River Hydropower. Sistem kerja teknologi ini yaitu menggunakan prinsip pemanfaatan aliran sungai tanpa perlu membangun bendungan yang membutuhkan daerah genangan air yang luas. Sebelum pembangunan dilaksanakan terlebih dahulu akan dilakukan normalisasi aliran Sungai Batang toru.

  1. Investasi yang Menguntungkan

Dengan produksi listrik yang besar, memungkinkan banyaknya investor yang akan menanamkan sahamnya di wilayah ini.  Jika banyak investor yang berinvestasi disini, maka dapat membuka ketersediaan lapangan kerja yang semakin banyak. Kehidupan masyarakat di sekitar PLTA terbesar di Sumatera ini pun dapat meningkat.

Related posts: