Memiliki banyak ternak kambing terkadang membuat peternak untuk mengeluarkan modal lagi untuk mengutus orang membersihkan kandang dan juga mencarikan pakan yang banyak demi memelihara ternak. Tetapi sekarang ada ternak kambing tanpa ngarit rumput setiap harinya tetapi cukup menyempatkan watu sehari dalam sebulan untuk membuat pakan fermentasi menggunakan limbah pangan yang dicampur dengan SOC yang merupakan suplemen organik cair yang digunakan sebagai fermentor bahan pangan ternak yang memberikan banyak manfaat.

Ternak Kambing Tanpa Ngarit Dengan Fermentasi Limbah Pangan Ditambah Soc

Ada berbagai cara untuk beternak kambing tetapi tidak perlu setiap hari ngarit mencari pakan, kandang juga menjadi tidak bau dan pastinya tidak perlu menggembala kambing tersebut. Pertama adalah dengan menggunakan kandang kambing yang berbentuk panggung sehingga kotoran kambing akan jatuh ke bawah kandang dan membuat kaki atau kulit badan kambing tidak terkena kotoran. Dengan jenis kandang seperti ini akan memaksimalkan sirkulasi udaranya, tetapi jika pencernaan kambing tidak benar dan kotorannya sangat bau maka hal ini akan sangat mengganggu. Solusi kedua  ternak kambing tanpa ngarit adalah menggunakan pakan yang difermentasi menggunakan SOC suplemen organik cair dan juga HCS. Dengan menggunakan fermentor tersebut membuat makanan akan tercerna sempurna dalam pencernaan kambing dan kotoran kambing tidak terlalu bau. Cara ternak kambing dengan HCS dapat diterapkan untuk kambing jenis domba maupun kambing Jawa yang biasa dijadikan hewan ternak karena banyak menghasilkan keuntungan.

Membudidayakan ternak kambing yang tanpa ngarit berarti tidak perlu mencari rumput setiap harinya. Pakan kambing bisa memanfaatkan limbah pertanian atau limbah perkebunan yang dilakukan fermentasi menggunakan fermentor yaitu SOC suplemen organik cair. Dengan menggunakan cara tersebut peternak cukup meluangkan waktunya 1 hari dalam 1 bulan untuk mencari pakan dan membuat pakan fermentasi. Yang kemudian pakan tersebut dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama, perlu diketahui suatu bahan pangan yang difermentasi akan meningkatkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Menggunakan SOC seperti yang disarankan di dalam situs programhcs.com terbilang juga sangat irit sekali untuk ternak kambing karena 1 kemasan botol yang berisi 500 ml dapat digunakan untuk fermentasi selama waktu 1 bulan dengan jumlah 10 ekor kambing.

Related posts: