Perlu kita ketahui bahwa penyakit satu ini merupakan penyakit yang cukup sering diderita orang-orang. Organ yang satu ini mempunyai fungsi yang sangat penting. Ginjal merupakan organ yang fungsinya membersihkan kandungan darah kita dari racun atau limbah dan cairan yang berlebih. Fungsi lain dari ginjal yaitu mengontrol keseimbangan mineral dan kandungan garam pada darah dan juga ikut membantu dalam pengaturan tekanan darah kita. Jika terdapat kerusakan pada organ ginjal ini, maka fungsi yang disebutkan di atas tidak dapat terjalani. Akibat dari rusaknya ginjal, racun atau limbah akan menumpuk di dalam tubuh kita dan tentunya akan menimbulkan banyak gejala penyakit.

Hal-Hal Penting Untuk Kesehatan Ginjal Anda

Ada beberapa panduan kesehatan bagi Anda yang ingin menghindari risiko akan penyakit yang ditimbulkan jika ginjal rusak. Tips pertama yaitu dengan sering mengonsumsi makanan yang sehat. Konsumsilah makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan yang banyak mengandung purin dan lemak. Makanan yang tinggi akan kandungan lemak dan purin contohnya adalah jeroan dan ati. Makanan seperti jeroan akan menambah asam urat dalam jumlah yang tinggi, hal itu tentunya akan mengganggu kesehatan ginjal dan fungsi dari ginjal tidak bisa berjalan normal.

Jika Anda biasa mengonsumsi keju, susu, yoghurt atau produk makanan minuman yang sejenis, lebih baik pilih yang mempunyai kadar lemak yang paling rendah. Tips lainnya yaitu dengan membatasi kandungan garam dalam tubuh kita, perlu diperhatikan kandungan garam pada makanan kita. Kita harus membatasi asupan garam tidak sampai lebih dari satu sendok teh, lemak jangan sampai sekitar lima sendok makan, dan kandungan glukosa atau gula lebih dari empat sendok makan.

Selain memperhatikan pola makanan kita juga harus mengubah pola hidup kita. Salah satunya yaitu memperbanyak asupan cairan. Minumlah air setidaknya dua liter per harinya, kandungan air yang dibutuhkan tidak hanya berasal dari air minum saja tetapi bisa juga dari konsumsi lain seperti dari sup atau bisa juga dari konsumsi buah-buahan yang terkandung banyak air.

Related posts: