Menjalankan bisnis yang dibarengi dengan penggunaan teknologi tentu saja akan membuat bisnis yang dijalankan menjadi semakin mudah. Teknologi memang diciptakan dan ditemukan untuk membantu kerja manusia dalam berbagai hal. Komunikasi lebih baik setelah adanya telepon, transportasi juga lebih mudah dengan menggunakan mobil, bahkan software POS juga memudahkan pencatatan laporan bisnis yang dilakukan. Itulah mengapa teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan manusia.

Bisnis dan Teknologi

Berbincang tentang bisnis dan teknologi, saat ini teknologi berkembang sangat pesat dan canggih. Hal demikian tentu saja membuka peluang bisnis lebih lebar jika saja dapat kita manfaatkan dengan baik. kegiatan bisnis yang lebih mudah tak akan bisa kita lakukan seperti saat ini jika saja software POS tidak pernah ditemukan. Pernahkah Anda bayangkan bagaimana orang terdahulu mempertahankan bisnis yang mereka jalankan sementara semua dilakukan secara manual? Tentu saja sangat merepotkan karena ada banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan dengan teliti dan benar.

Sebelum teknologi mesin kasir online dilakukan, setiap kali terjadi transaksi, kasir harus mencatat secara manual untuk memasukkannya ke laporan keuangan. Namun, tentu saja tidak semua pekerja kasir mampu bersikap jujur hingga membuat laporan penjualan seperti yang terjadi sebenarnya. Memanipulasi data penjualan pada saat itu sangat mudah dilakukan karena semua masih dilakukan secara manual.

Bagi pemilik bisnis, kondisi tersebut tentu saja sangat merugikan karena fakta lapangan sering kali tidak sesuai dengan apa yang terdapat pada laporan. Hal itu pulalah yang menyebabkan banyak pebisnis gulung tikar karena pemasukan tidak sesuai dengan pengeluaran yang membengkak. Belum lagi permasalahan pajak dan hutang yang sering kali membuat bisnis menjadi hancur.

Kondisi tulah yang kemudian membuat James Ritty yang saat itu memiliki usaha salon di Amerika Serikat, ingin menghentikan tindakan curang karyawannya yang suka mencuri uang di kasir. Dengan bantuan saudaranya, mesin kasir cash register akhirnya dapat dipatenkan pertama kali pada tahun 1883. Mesin cash register pertama saat itu tentu saja sangat jauh dengan software POS yang digunakan saat ini, namun berkat penemuan mereka kita bisa menikmati teknologi kasir online yang sangat memudahkan pekerjaan kita dalam mengurus bisnis.

Related posts: