Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Adha yang merupakan salah satu hari raya umat Islam. Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah kurban di tahun ini, tentunya sudah memikirkan tentang hewan ternak apa yang akan Anda sembelih. Untuk memilih sapi kurban, Anda tidak bisa sembarangan. Ada beberapa kriteria hewan yang dapat dijadikan hewan kurban.

Jenis Hewan Yang Diperbolehkan

Hewan yang dapat dijadikan hewan kurban adalah hewan yang diternakkan alias hewan ternak. Hewan ternak yang dapat dijadikan hewan kurban berdasarkan kesepakatan para ulama dapat berupa kambing, sapi, unta, kerbau, maupun domba. Untuk masyarakat Indonesia hewan yang paling sering dijadikan hewan kurban adalah sapi dan kambing.

Kondisi Hewan Kurban

Kondisi sapi kurban juga harus diperhatikan. Salah satu syarat sapi kurban adalah hewan tersebut dalam keadaan sehat dan tidak mengalami cacat. Kriteria cacat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Cacat mata. Cacat mata disini bisa berupa mata juling, hanya memiliki satu mata, atau kondisi matanya hampir keluar.
  2. Hewan yang sakit akan memiliki ciri-ciri seperti duduk saja dan tidak banyak aktivitas serta tidak mau makan. Selain itu hewan ternak yang mengalami penyakit kulit juga akan mempengaruhi kondisi daging hasil penyembelihan. Selain itu, jika terjadi luka ditubuh hewan tersebut juga dapat mengakibatkan infeksi.
  3. Hewan tersebut berjalan pincang. Pincang tersebut bisa diakibatkan oleh cacat bawaan atau karena kecelakaan.
  4. Sangat kurus. Binatang ternak yang sangat kurus bisa disebabkan karena stres atau mengalami penyakit tertentu.

Usia Hewan Kurban

Setelah melihat kondisi hewan yang akan dijadikan hewan kurban, maka Anda perlu menanyakan tentang usia hewan tersebut kepada si penjual. Adapun syarat usia hewan kurban adalah.

  1. Unta : berusia 5 hingga 6 tahun
  2. Sapi : berusia 2 hingga 3 tahun
  3. Kambing : berusia 1 hingga 2 tahun
  4. Domba : berusia 6 hingga 7 bulan

Kurban Secara Patungan

Bagi Anda yang sudah sangat ingin melaksanakan ibadah kurban, namun terhalang oleh dana. Ada keringanan dalam pelaksanaan ibadah kurban tersebut. Adapun batas maksimal untuk menyembelih unta adalah 10 orang dan untuk sapi kurban adalah 7 orang.

Related posts: