Dunia usaha semakin lama akan semakin berkembang. Hal tersebut yang kemudian akan memunculkan sebuah persaingan. Untuk melindungi produk Anda dari kejamnya persaingan, salah satu cara yang dapat digunakan adalah mendaftarkan merek produk Anda. Lantas, berapa biaya pendaftaran merek yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan? Seberapa besar biaya yang dibutuhkan? Nah, artikel ini akan membahas lebih jauh tentang biaya yang harus Anda bayarkan untuk bisa mendapat sebuah merek dagang.

Berapakah Biaya Pendaftaran Merek Dagang? Ini Jawabannya!

Sebelum berbicara mengenai biaya pendaftaran merek suatu produk, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa itu merek dagang. Merek dagang adalah sebuah nama identitas dari usaha ataupun perdagangan yang dimiliki perseorangan, perusahaan maupun sebuah badan hukum. Identitas ini digunakan untuk membedakan barang dan jasa yang dimiliki seseorang dengan barang atau jasa sejenis yang dimiliki orang lain. Diterimanya suatu pendaftaran merek dagang suatu usaha biasanya ditandai dengan terbitnya sertifikat merek. Usaha apapun itu, baik berupa produk barang maupun jasa hendaknya memiliki sertifikat ini. Hal ini diperlukan agar merek yang dimiliki perusahaan tersebut dapat dilindungi secara hukum dan tidak gampang disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, sebuah produk yang memiliki merek tentu akan mudah dikenal oleh publik, tentunya hal ini juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan dan keuntungan perusahaan tersebut. Untuk itulah, pendaftaran merek dagang diperlukan.

Lalu berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk memproses pendaftaran sebuah merek? Perlu diketahui jika pendaftaran merek ini dapat dilakukan langsung ke badan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Jakarta, atau bisa melalui pihak ketiga. Rata-rata, biaya yang dibutuhkan untuk mendaftarkan suatu produk hingga berlisensi resmi sekitar Rp3.000.000,- untuk satu merek dagang. Biaya ini biasanya belum termasuk biaya pengecekan merek hingga biaya konsultasi. Hal ini tergantung dari pihak mana Anda akan mendaftarkan merek brand produk Anda. Nah, demikian sedikit ulasan mengenai biaya pendaftaran merek dagang yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Selamat mencoba!

Related posts: