Mata menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting kegunaannya. Fungsi utama dari mata yaitu untuk dapat melihat, membantu refleks, dan kegunaan lainnya. Tetapi kegunaan utama yang paling sering dimanfaatkan yaitu adalah melihat sekitar. Tentunya jika mata kita terganggu kesehatannya, maka akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari kita. Baik itu kegiatan belajar, kegiatan bekerja di kantor, melakukan pekerjaan rumah dan kegiatan lainnya sangat membutuhkan mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Supaya mata kita tetap terjaga kesehatannya, lebih baik Anda mengikuti beberapa tips berikut ini. Salah satunya yaitu dengan mengurangi paparan sinar uv dan sinar jenis lainnya dari layar gadget. Tentunya sekarang ini, gadget berupa smartphone, tablet, laptop dan komputer tidak lepas dari kegiatan sehari-hari. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan memakai gadget tersebut mulai dari berkomunikasi, browsing informasi, sampai melihat atau menonton hiburan berupa media video.

Tidak hanya gadget saja, layar TV juga menjadi salah satu penyebab mata kita semakin berkurang kemampuannya. Maka dari itu, mulai dari sekarang lebih baik Anda mengurangi intensitas melihat layar gadget. Bagi Anda yang memang sering memakai gadget, lebih baik Anda memilih gadget smartphone misalnya yang memiliki fitur Night View atau Eye Protector.

Fitur tersebut mampu mengubah tingkat kecerahan, contrast, hue, dan aspek lainnya supaya lebih “lembut” dan “ramah” untuk mata kita. Anda bisa menyalakan fitur tersebut setiap kali Anda berada pada lingkungan yang minim cahaya. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda menghidupkan fitur tersebut pada lingkungan yang cahayanya normal jika memang tidak terlalu gelap layarnya. Dengan hal tersebut, maka mata Anda akan lebih sehat dan tidak mudah capek atau memerah.

Selain itu, Anda juga lebih baik memperhatikan jarak pandang mata Anda terhadap layar gadget. Selain sering melihat layar, jarak pandang mata yang terlalu dekat juga bisa membuat mata kita mudah capek, memerah, dan juga berbahaya untuk ke depannya. Hindarilah juga membaca buku pada jarak yang terlalu dekat.

Related posts: