Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah. Pastinya semua umat muslim ingin bisa puasa 30 hari tanpa ada yang bolong dari sahur sampai waktu berbuka. Setelah dua minggu berpuasa, pasti Anda masih “balas dendam” ketika berbuka puasa bukan? Hal itu adalah hal wajar yang dilakukan banyak orang. Namun, jika Anda memiliki jantung yang bermasalah, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilah makanan mana yang tidak akan membuat jantung Anda bermasalah. Karena dikhawatirkan jantung Anda akan kambuh jika mengonsumsi makanan yang tidak tepat.

Makanan Yang Tepat Untuk Jantung

Memiliki makanan yang tepat akan membuat jantung Anda selalu dalam kondisi baik selama Anda berpuasa, apalagi jantung dapat kumat dengan mudahnya. Beriku ini beberapa makanan yang baiknya dikonsumsi selama Anda berpuasa jika Anda memiliki jantung yang bermasalah, diantaranya adalah:

  1. Makanan berserat

Dengan mengonsumsi makanan yang berserat, tubuh kita akan merasa tidak cepat lapar. Terlebih lagi, serat dapat mengurangi kolesterol pada tubuh, mencegah adanya konstipasi, dan mengontrol gula darah Anda dimana hal tersebut juga bisa memicu penyakit jantung Anda akan kambuh.

  1. Mengolah Makanan

Lebih baik Anda jangan keseringan memakan segala hal yang digoreng. Meskipun memang lebih mengunggah selera, tetapi sekali-kali Anda harus menghindarinya karena tidak baik untuk tubuh khususnya bagi Anda yang menderita sakit jantung. Anda bisa memulai untuk mengolah makanan dengan merebus makanan-makan tersebut daripada menggorengnya.

  1. Makanan Yang Seimbang

Apa saja sih makanan yang seimbang itu? Makanan seimbang untuk penderita jantung adalah makanan yang mengandung protein, vitamin, serat, beberapa mineral dan lain-lain. Yang pada intinya Anda, harus memakan buah dan sayur untuk mendapatkan banyak vitamin, serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Serta protein bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi ikan seperti tuna, makarel, dan salmon yang kaya akan Omega 3.

Mudah bukan menjaga jantung melalui makanan? Anda cukup menaati hal tersebut maka jantung Anda akan dijamin sehat terus selama berpuasa. Tetapi Anda juga jangan sampai lupa untuk mengonsumsi obatnya, dan beristirahat dengan cukup. Karena jika Anda tidak beristirahat dengan cukup meskipun telah makan makanan yang bergizi seperti itu, Anda akan tetap merasa kelelahan yang dapat membuat penyakit jantung Anda malah akan kambuh dengan mudah. Anda harus bisa melihat kemampuan diri Anda sendiri okay?

Related posts: