Bagian masjid yang pertama kali dilihat secara kasap mata adalah bagian kubah. Dari kejauhan, kubah masjid ini akan tampak terlihat jelas menjulang tinggi. Terlebih lagi kubah-kubah masjid modern saat ini kebanyakan runcing pada bagian atas berbentuk bulan atau bintang. Padahal sebenarnya kubah masjid tidak wajib dimiliki oleh sebuah masjid. Namun, bagi kalangan masyarakat Indonesia asing rasanya jika sebuah masjid tidak memiliki kubah. Harga kubah masjid saat ini juga sangat berbeda dengan kubah zaman dulu. Harga kubah bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk ukuran yang besar. Sedangkan kubah ukuran kecil dengan bahan stainless steel harga berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jenis Kubah Masjid dan Harga di Tahun 2018

Desain dan harga kubah masjid pada tahun 2018 sangat bervariasi tergantung dari kesulitan dan detail dari kubah itu sendiri. Semakin rumit dan besar, harga kubah tentu semakin mahal. Beberapa desain kubah yang berkembang saat ini yaitu sebagai berikut:

  1. Kubah masjid panel

Model kubah masjid panel termasuk model baru. Kubah ini menggunakan konstruksi baja dan menggunakan lapisan panel berbahan plat baja dan galvalum. Desain kubah panel berbentuk persegi. Harga kubah panel mencapai jutaan rupiah untuk setiap meter perseginya.

  1. Kubah masjid stainless steel

Kubah masjid stainless menggunakan bahan stainless steel khusus sesuai kebutuhan. Pembuatan kubah masjid ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Kelebihan kubah jenis ini adalah ringan namun kuat, tidak mudah bocor, awet dan anti karat. Harga kubah stainless mulai dari 500 ribu hingga 2 jutaan.

  1. Kubah masjid enamel

Ini adalah jenis kubah yang paling sering digunakan pada masjid-masjid besar. Kubah ini tergolong mewah namun harganya tidak terlalu mahal sekitar 1 hingga 2 jutaan per meter persegi.

  1. Kubah masjid galvalum

Kubah masjid jenis ini juga banyak yang mencarinya. Bahan ini terdiri dari gabungan seng dan aluminium. Harga kubah masjid jenis ini termasuk cukup mahal yaitu sekitar 1.5juta ke atas.

Related posts: