Acne Vulgaris atau jerawat merupakan masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada bagian tubuh, seperti wajah, punggung, leher, dan dada. Jerawat telah menjadi masalah umum yang banyak dialami oleh remaja maupun orang tua. Jerawat memang bukan masalah kulit yang berbahaya, namun dengan munculnya jerawat di sekitar wajah, sangat mempengaruhi rasa percaya diri kita. Oleh karena itu, banyak hal yang akan kita lakukan untuk menghilangkan jerawat untuk mengembalikan rasa percaya diri kita. Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat, ada baiknya kita mengetahui faktor-faktor penyebab munculnya jerawat.

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat

Ada banyak faktor yang dapat memancing munculnya jerawat pada tubuh kita, yaitu faktor internal dan dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang muncul dari dalam tubuh kita karena pengaruh hormon. Sedangkan faktor eksternal muncul karena pengaruh lingkungan di sekitar kita yang dapat memancing munculnya jerawat.

  1. Faktor internal

Faktor internal muncul karena adanya pengaruh hormon di dalam tubuh kita. Hormon merupakan pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar-kelompok sel. Biasanya jerawat akan muncul ketika kegiatan hormon di dalam tubuh kita meningkat. Memasuki masa pubertas, remaja akan sering menjumpai jerawat muncul di bagian tubuh mereka. Tidak hanya pada masa pubertas, ketika wanita hamil, produksi hormon di dalam tubuh mereka juga meningkat sehingga tak jarang akan muncul jerawat. Selain itu, kondisi tubuh yang tertekan dan stress juga dapat menjadi salah satu faktor munculnya jerawat.

  1. Faktor eksternal

Faktor eksternal dipengaruhi kondisi lingkungan dan kebiasaan kita yang menyebabkan munculnya jerawat. Malas mencuci muka secara teratur, tidak membersihkan make up dengan benar, udara yang kotor, merupakan faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat di tubuh kita.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat. Sebenernya, ada banyak bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan jerawat seperti jeruk nipis, bengkoang, mentimun, dan minyak zaitun. Namun butuh waktu lama dan perawatan teratur menggunakan bahan alami tersebut, pada situs Sahilah.com mengulas salah satu obat jerawat ampuh yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Related posts: