Puisi adalah salah satu karya sastra yang banyak disukai oleh anak-anak muda, apalagi yang berkaitan dengan puisi cinta romantis. Awalnya puisi adalah suatu ungkapan yang dibuat oleh para penyair untuk menyampaikan aspirasi dan kritiknya kepada pemerintah. Namun seiring berkembangnya jaman, puisi semakin berkembang.

Tidak hanya untuk menyampaikan kritiknya kepada pemerintah, namun berkembang menjadi ungkapan salah satunya untuk mengungkapkan perasaan cinta, sayang, kekesalan, dan ekspresi jiwa lainnya. Bahkan puisi masuk ke dalam salah satu bab yang dipelajari saat kita masih dalam dunia sekolah sampai perguruan tinggi.

Jenis-Jenis Puisi Yang Perlu Kita Ketahui

  • Balada adalah salah satu jenis puisi baru yang terkenal. Balada terdiri atas tiga bait yang mana tiap bait terdiri atas delapan baris. Balada ini akhirannya bebas, dan tidak terlalu beraturan seperti pantun dan beberapa jenis puisi lainnya. Biasanya balada ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan yang ada dalam diri kita baik itu puisi cinta romantis, puisi kesedihan, kekesalan dan lain sebagainya.
  • Puisi jenis ini adalah salah satu puisi yang banyak diminati oleh anak muda apalagi kalian yang sedang merasakan kasmaran. Karena puisi ini biasanya berisi mengenai percintaan anak muda.
  • Selain dua jenis puisi yang telah disebutkan di atas, elegy juga banyak dibuat oleh beberapa kalangan manusia yang sedang merasakan kesedihan. Puisi jenis ini berisi curah kekesalan, kesedihan yang diiraskan oleh perasaan sang penyair.
  • Puisi ini banyak dibuat oleh kalangan politikus yang suka mengkritisi kinerja pemerintahan. Karena isi dari puisi ini biasanya berupa sindiran, dalam puisi ini banyak menggunakan majas atau analogi untuk mengungkapkan perasaannya.
  • Distikon adalah puisi singkat yang hanya terdiri dari dua baris namun sudah mampu mewakili perasaan yang kita rasakan saat itu. Biasanya puisi ini banyak diucapkan saat kita bercakap-cakap. Karena puisi ini tidak terikat dengan suatu ketentuan, sehingga kita bebas untuk mengekspresikan perasaan kita. Distikon bisa juga berisi puisi cinta romantis.

Itu beberapa jenis puisi yang banyak digunakan dan dibuat oleh penyair.

Related posts: