Retina mata adalah bagian yang paling penting di dalam mata. Pasalnya retina akan mengubah cahaya jadi sinyal syaraf. Dalam retina itu akan ada sel fotoreseptor yang menerima cahaya dan menjadikannya bayangan benda. Sinyal yang diterima itu akan mengalami serangkaian proses yang terbilang rumit. Retina itu sebenarnya tidak hanya mendeteksi cahaya yang masuk ke dalam mata, akan tetapi memiliki peran sebagai persepsi visual. Di tahap embrio, syaraf optic dan retina akan berkembang menjadi bagian perkembangan luar otak. Kemudian struktur unik dari pembuluh darah retina digunakan untuk identifikasi biometrik.

Beberapa Fungsi Retina Mata Yang Penting

Bagi yang belum mengetahui apa saja sebenarnya fungsi dari retina mata, untuk yang pertama itu akan membentuk bayangan yang disalurkan ke dalam saraf otak. Kemudian bayangan benda terbalik akan diproses otak dan menjadi bayangan benda aslinya atau benda jadi tidak terbalik. Kemudian kepekaan retina terhadap cahaya menentukan ketajaman penglihatan. Untuk itu jika retina Anda bermasalah pasti penglihatan jadi tidak tajam atau blur. Jika itu terjadi pada Anda, mungkin itu merupakan tanda dari adanya masalah dalam retina. Retina merupakan bagian mata yang sangat peka. Pasalnya di sana terdapat sejumlah batang sel yang sangat peka terhadap cahaya. Sehingga setiap orang pun mampu untuk melihat macam-macam benda ketika malam hari tiba.

Jangan biarkan retina Anda mengalami kerusakan. Jika kerusakan tersebut terjadi, retina tidak dapat disembuhkan. Sehingga jika Anda pergi ke dokter mata, perawatan yang diberikan pun hanya sekedar pencegahan agar kerusakan tak semakin bertambah parah. Untuk itu lakukanlah beberapa macam pencegahan kerusakan retina dengan sebaik mungkin. Tidak sulit untuk melakukan pencegahan tersebut. Contohnya saja, Anda melakukan olahraga mata dengan rutin, kemudian menghindari rokok karena kandungan nikotinnya dapat membahayakan kesehatan mata, menghindari rasa stress akibat berbagai macam hal, kemudian mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan yang menyehatkan mata. jika ingin melakukan check up, Anda bisa mengontak klinik mata di Klinikmatanusantara.com/service/retina.

Related posts: