Membuka usaha pada saat ini sangat ketat. Banyak orang yang mulai merambah dunia usaha pada saat ini jika tidak pandai dan tekun bisa jadi malah akan mengalami kemunduran saat membuka usaha. Orang-orang yang mulai jenuh akan aktivitas kantor maupun rutinitas seharinya di tempat kerja mulai menyambi beberapa usaha sampingan. Ada banyak usaha sampingan yang dapat kamu coba seperti usaha ternak ikan gurame. Peluang usaha beternak ikan gurame ini sangat menjanjikan melihat kegemaran atau hobi orang Indonesia yang tentang kuliner.

Bagaimana Prospek Berternak Gurame?

Indonesia merupakan negara yang paling cocok untuk membuka peluang usaha beternak gurame. Iklim yang mendukung serta daya ketahanan gurame terhadap air tawar yang keruh pun cukup kuat. Cara berternak ikan gurame ini pun sangat mudah. Kamu bisa menggunakan dua cara yaitu membuat dengan kolam plastik maupun dengan empang yang tertanam di tanah. Berternak dengan menggunakan kolam plastik tentu akan jauh lebih mudah. Berikut beberapa kelebihan berternak ikan gurame menggunakan kolam plastik.

  1. Hemat tempat

Jika kamu berada di kota tentu membuat empang yang berada di tanah langsung akan sangat menyusahkan apabila kamu ingin mencoba usaha ini maka kamu harus membuat kolam yang terbuat dari plastik. Dengan kolam plastik ini kamu akan menghemat tempat dan juga kamu dapat membuat beberapa kotakkan untuk tempat gurame. Jika kamu tinggal di pedesaan kolam plastik ini juga akan menguntungkanmu kamu bisa membuat dengan beberapa kolam yang akan diisi dengan berbagai ukuran misal kolam khusus bibit, kolam yang ikan sedang, kolam yang masih kecil-kecil dan kolam khusus untuk bertelur. Dengan begitu ikan gurame yang dihasilkan akan maksimal.

  1. Mudah memijah dan mudah memanen panen

Mudah memijah dan mudah memanen apabila menggunakan kolam plastik karena kolam dengan menggunakan kolam plastik kamu hanya perlu menggunakan jaring yang kecil ataupun serok jaring. Kamu tidak perlu terjun ke dalam kolamnya.

Peluang usaha beternak ikan gurame ini perlu kamu coba. Selain menghasilkan usaha ini juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu refreshing kamu saat kamu penat dengan setumpuk kertas di kantor. Usaha ini tidak memerlukan modal besar karena dengan membeli benih ikan dalam jumlah sedang sudah dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Related posts: