Tahukah Anda, kini paving block lebih banyak diminati oleh orang-orang dibandingkan dengan readymix atau aspal. Paving block ini memiliki berbagai jenis ukuran, warna, bentuk, dan mutu, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harga paving block pun sesuai dengan spesifikasinya tersebut. Harga paving pun bisa disesuaikan dengan klasifikasi cara pembuatannya. Hal ini dikarenakan cara pembuatan akan mempengaruhi mutu atau kualitas dari paving block yang dibuat. Semakin canggih alatnya, maka semakin tinggi pula kualitasnya.

Inilah Klasifikasi Pembuatan Paving Block!

Ada tiga cara pembuatan paving block dan ini sangat menentukan harga jual. Pertama, paving block yang dibuat secara manual. Pembuatannya murni dengan menggunakan tangan. Hasil dari pembuatan ini tidak terlalu tinggi kualitasnya, yakni hanya D (K50 – K100), sehingga jarang diminati. Jenis paving block ini cocok untuk dipasang pada lahan-lahan yang tidak mendapati beban rendah seperti mobil. Biasanya ini dipasang untuk halaman rumah, trotoar, dan taman.

Kedua, yakni cara press mesin getar. Cara pembuatannya cukup canggih, yakni dengan menggunakan mesin tekan dengan sistem getar atau vibrasi. Kualitas yang dihasilkan cukup bagus, tetapi tidak juga terlalu bagus. Kebanyakan paving block ini dipasang di tempat-tempat seperti car port, garasi, dan lahan untuk parkir. Mutu yang dihasilkan adalah mutu beton C-B (K150 – K250). Harga paving block ini yang ditarif lebih tinggi dibandingkan dengan press manual.

Ketiga, yakni dengan menggunakan press mesin hidrolik. Teknik ini adalah teknik yang paling canggih, dimana cara produksi yang dilakukan adalah dengan menggunakan mesin press hidrolik. Hasilnya sangatlah berkualitas, yakni dengan mutu beron B-A (K300 – K450). Harga jual paving block ini bisa dibilang tinggi dan peminatnya pun cukup banyak. Paving block ini sering dipasang di terminal bus, area jalan lingkungan, dan lahan terminal di pelabuhan.

Itulah beberapa klasifikasi pembuatan paving block yang menentukan harga. Semakin tinggi harga paving block maka semakin canggih teknik pembuatannya. Dan semakin canggih teknik pembuatannya, maka akan semakin tinggi mutu yang dihasilkan. Anda bisa memilih mutu mana pun yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Related posts: