Masjid merupakan suatu bangunan yang digunakan oleh umat Muslim untuk melaksanakan ibadah sholat serta melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali bangunan masjid. Menurut data dari tahun 2017, jumlah masjid yang ada di Indonesia mencapai 800.000 unit. Saat ini, arsitektur masjid pun beragam. Namun, satu hal yang tak akan terlewatkan dari sebuah bangunan masjid adalah kubah. Kubah menjadi simbol khas yang selalu terdapat pada setiap bangunan masjid. Tak ayal, kubah ini pun menjadi simbol umum yang merujuk pada Islam. Pada saat ini, desain kubah masjid begitu beragam. Hal ini dikarenakan oleh pengaruh kebudayaan serta gaya arsitektur dari berbagai daerah. Pada umumnya, kubah masjid berbentuk setengah lingkaran yang ujungnya mengerucut sehingga bentuknya kurang lebih menyerupai bentuk bawang.

Perkembangan Desain Dan Arsitektur Kubah Masjid

Para pembuat kubah masjid sekarang ini mulai mengimprovisasi bentuk dari kubah masjid itu sendiri dengan gaya yang khas, namun tidak meninggalkan bentuk dasar dari kubah masjid itu sendiri. Banyak juga diantara kubah-kubah masjid tersebut yang memiliki desain unik, baik itu dari segi konstruksinya, tekstur dan polanya, hingga material dasar yang digunakan untuk membangun kubah masjid tersebut. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin modern, pembuatan kubah masjid pun turut mengikuti perkembangan tersebut. Hal ini dapat terlihat dari jenis konstruksi kubah yang terus mengalami inovasi dari waktu ke waktu.

Perkembangan teknologi konstruksi dan arsitektur membawa perubahan positif bagi pembuatan kubah masjid. Sebelumnya, kubah masjid terbuat dari konstruksi beton yang sempat populer di kalangan pembuat kubah masjid. Namun, sekarang ini tren pembuatan kubah masjid bergeser ke konstruksi baja ringan yang notabene memiliki kelebihan dibandingkan dengan konstruksi beton. Sebagai contohnya, konstruksi baja ringan untuk kubah masjid memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan konstruksi kubah beton. Hal ini membuat kubah masjid dengan konstruksi baja ringan tidak lagi memerlukan pilar penyangga seperti halnya terdapat pada masjid dengan kubah yang menggunakan konstruksi beton. Kualitas kubah konstruksi baja pun cenderung lebih baik dari kubah beton. Jika Anda hendak berkonsultasi mengenai kubah masjid, Anda bisa kunjungi kontraktorkubahmasjid.org.

Related posts: