Jumlah lagu daerah Indonesia yang mencapai ratusan, tentunya membuat kita kesulitan untuk mengingat judul lagunya. Belum lagi judul lagu yang menggunakan bahasa daerah membuat kita juga sulit menghafal. Ketika duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah diberikan beberapa kumpulan lagu daerah Indonesia. Namun, biasanya lagu daerah yang dikenalkan lebih berfokus pada daerah dimana kita tinggal. Mengapa demikian? Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan budaya khususnya untuk daerah kita sendiri. Tetapi lagu daerah yang cukup terkenal di Indonesia seperti Yamko Rambe Yamko, Ampar-ampar Pisang, dan Manuk Dadali biasanya selalu diajarkan oleh guru di sekolah-sekolah.

Apa Saja Lagu Daerah Jawa?

Untuk mengenal lagu-lagu daerah lain, hal yang perlu dilakukan adalah membaca kumpulan lagu daerah. Setidaknya Anda sudah mengerti judul apa saja untuk lagu daerah A, B dan seterusnya. Kali ini saya akan menulis judul-judul lagu daerah yang berada di Pulau Jawa. Pulau Jawa terdiri dari 6 Provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Jakarta dan Yogyakarta. Lagu daerah pada masing-masing provinsi di Jawa Tengah adalah sebagai berikut:

  1. Jawa Tengah

Ande-ande Lumut, Bapak Pucung, Gambang Suling, Gundul Pacul, Lir-ilir, Jaranan, Padang Wulan, Stasiun Balapan, Yen ing Tawang Ono Lintang, Turi Putih, Jenang Gulo.

  1. Jawa Barat

Jawa Barat termasuk provinsi yang memiliki kumpulan lagu daerah yang sangat banyak jumlahnya. Ini beberapa lagu daerah Jawa Barat yang cukup terkenal yaitu Bubuy Bulan, Cing Cangkeling, Es Lilin, Manuk Dadali, Mojang Priangan, Neng Geulis, Tokecang, Warung Pojok, Sintren, Peuyeum Bandung, Pupujian, Eundeuk-endeukkan.

  1. Jawa Timur

Cublak-cublak Suweng, Cing-Kincing Kere, Daddalian, Keraban Sape, Tanjuk Perak, Rek Ayo Rek, Grimis-Grimis.

  1. Jakarta

Hujan Gerimis, Jali-jali, Keroncong Kemayoran, Kicir-kicir, Ondel-ondel, Lenggang Kangkung, Abang Pulang, Ronggeng Jakarta.

  1. Yogyakarta

Pitik Tukung, Sinom, Suwe Ora Jamu, Walang Kekek, Gethuk, Caping Gunung, Kidang Talun, Kupu Kuwi, Te Kare Dipanah.

  1. Banten

Dayun Sampan, Ibu, Jereh Bu Guru, Tong Sarakah, Yu Ragem Belajar.

Related posts: