Tingginya tingkat angka pengangguran di Indonesia memang belum diimbangi dengan tersedianya lapangan pekerjaan yang ada. Sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan di jaman sekarang meskipun kita sudah mengantongi ijazah yang sudah memenuhi syarat. Tingginya tingkat persaingan juga membuat pekerjaan semakin sulit untuk didapatkan. Tak mengherankan jika kemudian banyak orang yang lebih memilih untuk membangun usahanya sendiri ketimbang harus kerja kepada orang lain. Langkah awal membangun bisnis memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Bahkan tidak banyak orang yang mau dan berani membangun usaha mereka sendiri.

Langkah Awal Membangun Bisnis Sendiri

Seperti yang kita ketahui bahwa membangun suatu bisnis adalah hal yang tak mudah dan harus dipersiapkan sebaik mungkin. Jika persiapan tidak dilakukan dengan baik, tentu bisnis tidak akan berjalan dengan baik bahkan akan mengalami kebangkrutan. Berikut beberapa langkah awal yang harus diperhatikan ketika akan membangun suatu bisnis.

  1. Pengembangan diri

Apapun bisnis yang akan kita mulai, hal awal yang harus kita perhatikan adalah kemampuan kita sebagai pembangun bisnis. Kita harus membekali diri dengan pengetahuan seputar bisnis dan bagaimana cara menjalankannya dengan baik. jika jiwa bisnis kita telah terasah dengan baik, maka kita akan siap untuk memulai bisnis yang akan dibangun. Selain itu, pengetahuan tersebut juga bertujuan untuk mempersiapkan diri dari masalah yang pasti akan menghampiri bisnis kita nantinya.

  1. Jenis usaha

Langkah selanjutnya untuk mempersiapkan bisnis adalah dengan menentukan jenis usaha apa yang akan kita lakukan. Ada banyak jenis usaha yang dapat kita lakukan mulai dari bisnis kuliner, jasa, fashion, style, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika bisnis yang akan kita rintis disesuaikan dengan sesuatu yang kita sukai. Sebagai contoh, jika Anda menyukai partiseri, Anda dapat membuka bisnis toko roti agar Anda juga dapat menyalurkan hobi Anda.

  1. Modal

Kemampuan diri yang sudah terasah, jenis usaha sudah ditentukan, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah modal usaha. Besarnya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tersebut disesuaikan dengan jenis bisnis dan besar kecilnya bisnis yang ingin kita mulai. Jangan menggunakan semua modal dan sisakan modal tersebut untuk mengantisipasi jika bisnis berjalan kurang lancar.

Related posts: