Siapa yang tidak kenal dengan website e-commerce yang satu ini, Alibaba. Website ini sudah terkenal tidak hanya di China, akan tetapi juga di seluruh penjuru dunia. Website yang menyediakan tempat jual beli internasional ini merupakan salah satu tempat yang favorit. Anda dapat membeli barang-barang di yang Anda inginkan, meskipun barang-barang tersebut berada jauh di China.  Anda dapat mengimport berbagai produk seperti alat-alat dapur, home appliances, perlatan berkebun dan lain-lainnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara import barang dari alibaba maka berikut ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkahnya.

Mudah Import Barang Melalui Alibaba

Biasanya ketika baru pertama kali melakukan import melalui Alibaba, akan kebingungan untuk mencari supplier. Selain supplier mempunyai kriteria Gold supplier, supplier yang dipilih harus memenuhi 3 kriteria tambahan yaitu Assessed supplier, trade assurance dan menerima pembayaran dengan Escow atau Paypal. Cara import barang dari alibaba, Anda dapat nego dari supplier. Kemudian jika Anda menginginkan harga barang agar sama dengan supplier lain, maka Anda perlu menyiapkan aplikasi Skype, karena setelah inquiry dan penawaran untuk pertama kali, selanjutnya dilakukan dengan menggunakan Skype. Namun jika Anda beruntun, ada juga supplier yang menyediakan Whatsapp. Komunikasinya tentu dalam bahasa inggris.

Biasanya harga produk tidak sama dengan yang tertera di Alibaba, jangan terjebak dengan harga murah yang dicantumkan. Terdapat fee yang harus dibayar. Fee pertama yang dibayar yaitu fee payment. Jika menggunakan Paypal, maka fee yang dibayar sebanyak USD 25. Jika menggunakan wire transfer (TT/telegraphic transfer) atau western union maka USD 35 yang perlu digunakan untuk membayar fee. Beberapa fee yang harus dibayar selanjutnya adalah fee yang kedua yaitu fee ongkos kirim yang mau dikirim ke Indonesia. Setelah itu Anda temukan forwarder yang tepat. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan forwarder yang cocok, sehingga memudahkan Anda dalam import. Ada forwarder yang menerima pengiriman sedikitnya 0.5 CBM. Terkadang harga yang dikenakan juga sudah termasuk harga keseluruhan, sehingga Anda tidak perlu membayar ongkir dalam negeri dan juga pajak. Demikian informasi mengenai cara import barang dari alibaba, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Related posts: