Pemasangan sebuah Paving Block tidak boleh asal-asalan, sehingga diperlukan pemasangan dengan langkah yang benar. Sangat disayangkan apabila paving yang sudah bagus namun tidak dipasang dengan langkah atau cara yang benar. Perencanaan dari awal tentu saja bisa menghemat biaya serta mempercepat pemasangan, di samping itu juga yang utama paving bisa bertahan lebih lama.

Berikut Langkah Pemasangan Paving Block Yang Benar

Hal yang pertama dilakukan adalah pengukuran luar untuk kebutuhan paving. Subgrade atau lapisan tanah yang paling dasar harus diratakan dulu, sehingga memiliki profil kemiringan yang sama sesuai dengan yang Anda butuhkan dan bila diperlukan juga dilakukan cut and fill. Lapisan tanah paling bawah ini harus memiliki kemiringan minimal 2% dua arah melintang ke kanan dan kiri. Kemiringan tersebut sangatlah penting untuk paving Anda tetap stabil. Setelah pengerasan area di dasar, langkah selanjutnya adalah abu batu yang digunakan sebagai alas Paving Block untuk segera digelar diatas lapisan base. Lalu diratakan dengan menggunakan jidar kayu sehingga bisa mencapai kerataan yang sama dan harus tetap mengikuti kemiringan yang sudah Anda bentuk sebelumnya pada lapisan paling bawah.

Pemasangan paving ini harus Anda mulai dari satu titik diatas lapisan abu batu yang digunakan sebagai alas. Dalam pemasangan paving harus maju dengan posisi tukang diatas paving yang sebelumnya sudah dipasang. Pengisian joint filler harus cepat Anda lakukan setelah pemasangan paving dan Anda segera lanjutkan dengan proses pemadatan paving, gunakan abu bata yang untuk menutupi celah-celah antara paving. Pemadatan ini sebaiknya Anda lakukan dengan dua putaran. Putaran yang awal bertujuan untuk memadatkan abu bata yang digunakan sebagai alas, untuk pemadatan putaran yang kedua disertai dengan menyapu batu bata yang digunakan sebagai pengisi celah dan masing-masing putaran tersebut paling sedikit dilakukan 2 lintasan. Catatan tambahan penguat harus sudah Anda pasang sebelum proses pemasangan paving dilakukan. Hal tersebut harus Anda lakukan karna untuk menahan paving di setiap sisi supaya paving tidak mudah bergeser sehingga paving block akan lebih rapi di hasil akhirnya. Bagi Anda yang akan memasang paving maka bisa kunjungi web Pavingblockindonesia.com karena menyediakan paving dengan berbagai jenis dan harga ekonomis serta berkualitas.

Related posts: