Telinga merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi manusia, dimana dengan telinga kita dapat mendengar berbagai informasi menarik dan juga merupakan salah satu panca indera manusia yang harus dijaga kesehatannya. Karena panca indera ini akan berkurang fungsinya seiring dengan bertambahnya umur. Semakin tua umur kita, maka semakin menurun pendengaran kita. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa hal yang perlu kita lakukan terkait menjaga kesehatan telinga. Berikut ulasannya.

Beberapa Langkah Penting Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Telinga

Adapun beberapa langkah penting yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan telinga dengan cara yang benar

Membersihkan telinga yang benar adalah tidak dianjurkan terlalu sering membersihkannya sampai benar-benar bersih, dimana jika ditinjau dari kesehatan kurang dianjurkan. Hal ini dikarenakan jika telinga sering dibersihkan maka akan ditakutkan banyak bakteri ataupun jenis hewan kecil dapat masuk dengan mudah ke dalam telinga, yang mana lendir yang ada pada telinga merupakan salah satu jenis system imuno bagi telinga.

  • Melindungi telinga dari suara yang keras

Fungsi telinga yang sebagai indera untuk mendengarkan ternyata memiliki batas atau kapasitas dalam mendengarkan suara. Tidak semua suara dapat dinyatakan aman di telinga kita. Mendengarkan suara diatas ambang batas dapat memicu terjadinya kerusakan pada telinga dan akan menurunkan fungsi pendengarannya.

  • Menjaga telinga agar tetap dalam keadaan kering

Telinga yang sering basah atau memiliki kelembapan yang berlebihan dapat dimungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga, hal ini juga dapat mengakibatkan infeksi yang terjadi pada telinga. Oleh karena itu, pastikan agar telinga kita berada di intermediat antara lembap dan kering, karena jika telinga dalam keadaan terlalu kering pun kurang baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan telinga, sehingga seiring dengan bertambahnya umur kesehatan telinga serta pendengaran akan tetap dalam keadaan baik-baik saja. Semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang memiliki tekad menjaga kesehatan telinga agar tetap sehat terawat!

Related posts: