Bagi Anda yang sedang mencari tanah rumah Kemang dijual dan lebih memilih untuk membeli tanah, tentu saja Anda harus mengetahui segala prosedur yang akan Anda lalui. Termasuk apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan Akta Jual Beli (AJB). Oleh karena itu simak langkah-langkah yang harus Anda siapkan dalam pembuatan AJB.

Pemeriksaan Sertifikat Tanah Dan PBB

Hal pertama yang akan dilakukan oleh PPAT adalah memeriksa sertifikat akan hak atas tanah dan juga PBB. Dengan cara meminta sertifikat asli dan Surat Tanda Terima Setoran PBB. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan sesuai tidaknya data teknis dan yuridisnya yaitu antara Buku Tanah yang tercatat di Kantor Pertanahan dengan sertifikat asli. Selain itu pemeriksaan dilakukan untuk memastikan keadaan tanah yang sebenarnya apakah sedang dalam sengketa, sebagai jaminan bank dan lain-lain.

Persetujuan Dari Suami/ Istri

Sebelum Anda membeli tanah rumah Kemang dijual tentu saja harus ada persetujuan suami/istri sebelum membuat AJB. Sebab akan ada percampuran harta bersama, sehingga hak atas tanah menjadi harta milik bersama yang harus memiliki persetujuan suami/istri. Persetujuan dilakukan dengan penandatanganan Surat Persetujuan Khusus atau dengan cara ikut menandatangani AJB.

Biaya Dalam AJB

Penjual wajib mengeluarkan PPh/Pajak Penghasilan sebesar 5% dari harga tanah dan BPHTP/Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan bagi pembeli sebanyak 5% yang telah dikurangi NJOPTKP. Kemudian ada juga jasa untuk PPAT yang biasanya ditanggung bersama antara penjual dan pembeli.

Tandatangan AJB

Setelah penjual memberikan seluruh berkas secara lengkap maka penandatanganan dilakukan wajib di hadapan PPAT yang disaksikan 2 orang saksi yang juga ikut tandatangan dalam AJB.

Balik Nama

Setelah dilakukan penandatanganan AJB kemudian akan dilakukan balik nama sertifikat dari atas nama penjual ke nama pembeli yang bersangkutan. Proses tersebut dilakukan di Kantor Pertanahan dan dilakukan oleh PPAT yang biasanya akan berlangsung selama 1 hingga 3 bulan lamannya.

Demikian langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan AJB, oleh karena itu harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan tanah rumah Kemang dijual. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: