Bayi merupakan manusia yang masih kecil dimana seluruh bagian syaraf maupun organ belum berfungsi secara sempurna. Bahkan pada saat bayi ini masih tahap pengembangan fungsi masing-masing organ. Sebagai treatment mengetes adanya respons serta perkembangan dari si bayi banyak hal yang dilakukan orang tua sang bayi ini. salah satunya ialah membelikan suatu mainan bayi. Sebagai orang tua yang bija pembelian alat treatment yang satu ini perlu diperhatikan dengan baik. Dan yang terpenting bisa menyesuaikan dengan keadaan sang bayi.

Apa Saja Mainan Yang Bermanfaat Bagi Bayi?

Bicara soal mainan, alat treatment perangsang perkembangan otak terkhusus untuk anak kecil tentu banyak sekali ragamnya. Ada yang dibedakan berdasarkan gender ada yang dibedakan berdasarkan fungsi dan juga ada yang dibedakan berdasarkan umur. Penting bagi para orang tua mengenal masing-masing tersebut, terutama untuk perbedaan umur. Perbedaan umur ini biasanya sangat mempengaruhi dari perkembangan. Maka berikan yang sesuai dengan tumbuh kembang sang anak. Berikut adalah beberapa permainan yang bermanfaat dan aman untuk tumbuh kembang bayi.

  1. Kliningan

Kliningan merupakan suatu nama alat permainan yang identik dengan suara sehingga disebut kliningan. Kliningan ini bagus untuk bayi karena mampu memberikan respons yang bagus berupa tanggapan akan adanya suara dari suatu alat. Dengan alat ini maka bisa juga mengetes sistem pendengaran dari sang bayi sejak dini.

  1. Alat Permainan Lunak

Alat permainan lunak disini yang dimaksud adalah permainan yang memiliki tekstur yang lunak dan aman bila bayi memainkannya sendiri. Seperti misalnya teether, alat permainan yang satu ini merupakan alat yang cukup lunak tapi juga bisa merangsang sang bayi untuk memegang dan bahkan latihan menggigit.

  1. Boneka

Boneka merupakan alat permainan yang cukup umum. Tapi ternyata boneka mampu memberikan rangsang yang baik untuk bayi seperti layaknya jadi teman bicara yang kemudian merangsang sang bayi untuk mengoceh dan lain sebagainya.

Ketiga mainan diatas adalah beberapa sampel atau bagian kecil dari alat permainan yang ada di dunia ini. masih banyak lagi alat-alat permainan yang lebih variatif, kreatif, inovatif dan juga sangat bagus mendukung tumbuh kembang sanga anak.

Related posts: