Artikel kali ini akan membahas mengenai asupan nutrisi yang perlu Anda perhatikan ketika kehamilan trimester 1. Asupan nutrisi merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, suami, keluarga, dan orang sekitarnya. Pada saat kehamilan tiga bulan pertama terdapat beberapa kendala seperti mual dan muntah.

Pentingnya Asupan Nutrisi pada Kehamilan Trimester Pertama

Hal tersebut menjadi salah satu bentuk penyesuaian diri dari tubuh ibu yang sedang hamil. Tentunya akan ada perbedaan ketika berbadan satu dan ketika ada dua individu dalam satu tubuh, termasuk pula pengaruh pada asupan nutrisinya. Asupan nutrisi yang bisa didapat dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi dapat mempengaruhi proses selama kehamilan.

Vitamin dan mineral memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan kehidupan calon bayi. Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan dari konsumsi asupan nutrisi yang optimal. Berikut ini beberapa manfaat dari vitamin dan mineral yang sangat kami anjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil pada masa awal kehamilannya.

  • Suplemen Alami Selama Kehamilan

Pada masa awal kehamilan Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buncis, telur, daging berwarna merah, ikan, serta kentang. Makanan tersebut mengandung vitamin B6 yang sangat bermanfaat bagi masa kehamilan trimester 1. Tiga bulan pertama kehamilan, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami mual dan muntah. Hal tersebut perlu diantisipasi karena akan menyebabkan tubuh ibu menjadi lemas dan dapa membahayakan keselamatan calon bayi. Oleh karena itu konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan.

  • Tingkatkan Kecerdasan Bayi Mulai dari Awal Kehamilan

Selain faktor keturunan atau genetik, kecerdasan juga dapat didukung dengan asupan nutrisi yang baik pada masa kehamilan trimester 1. Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya kecacatan pada tubuh calon bayi. Makanan yang mengandung asam folat tinggi adalah ikan, kacang-kacangan, sayuran berwarna kuning dan hijau, kuning telur, dan sebagainya. Konsumsi makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi dapat mencegah terjadinya BBLR dan kelainan pada otak seperti defect neural tube.

Related posts: